Singkawang, MC – Pj Wali Kota Tebing Tinggi bersama Direktur RSUD Kumpulan Pane Kota Tebing Tinggi beserta tim rombongan melakukan kunjungan ke RSUD dr. Abdul Aziz Kota Singkawang, Kamis (19/1/2023).

Kedatangan rombongan Kota Tebing Tinggi dalam rangka Studi Tiru Pencapaian Akreditasi Bintang 5 Paripurna RSUD dr Abdul Aziz Singkawang.

Pj Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi mengatakan alasan memilih Kota Singkawang sebagai tujuan kunjungan adalah karena selain memiliki Rumah Sakit Daerah yang telah terakreditasi Paripurna, Kota Singkawang juga diusia pemerintahan yang relatif masih muda telah banyak mengukir prestasi yang luar biasa.

“Mengapa kami pilih Singkawang, bukan karena di Tebing Tinggi tidak memiliki rumah sakit yang akreditasi baik namun rumah sakit swasta bukan rumah sakit pemerintah daerah. Dan Kota Singkawang yang masih muda sudah banyak mengukir prestasi yang luar biasa. Jadi kami harus banyak belajar ke yang junior.” katanya.

Dimiyathi mengungkapkan yang menjadi fokusnya dalam kunjungan ini yaitu ingin mempelajari dan meniru RSUD dr. Abdul Aziz yang telah memiliki akreditasi Paripurna. Ia juga meminta kepada Direktur RSUD Kumpulan Pane beserta tim untuk dapat memanfaatkan kunjungan ini dengan baik guna memperoleh informasi yang dapat diterapkan untuk perbaikan Rumah Sakit di Kota Tebing Tinggi.

“Yang menjadi fokus kami dalam kunjungan ini yaitu mengenai akreditasi rumah sakit daerah. Yang mana disini telah paripurna. Jadi mari Pak Direktur Pak Kadis Kesehatan dan Direktur Pengawas untuk belajar ke rumah sakit yang sudah bagus. Memanfaatkan kunjungan ini dengan baik bertukar pikiran.” ucapnya.

“Terimakasih sekali lagi kepada seluruh jajaran pemerintah Kota Singkawang dan Rumah Sakit Abdul Aziz yang telah memberikan penyambutan yang luar biasa. Semoga Komunikasi kita tidak hanya berakhir sampai disini. Apa apa yang menjadi keperluan bersama dalam memajukan pelayanan kepada masyarakat dapat senantiasa saling memberikan bimbingan satu sama lain.” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD dr. Abdul Aziz Hardin memaparkan RSUD Abdul Aziz telah memiliki jenis-jenis pelayanan yang mendukung dengan dibekali alat-alat kedokteran yang canggih guna menunjang keperluan peningkatan akreditasi ke tingkat paripurna.

“Pada tahun 2016, RSUD ini pernah meraih paripurna namun turun pada tahun 2019 dikarenakan kurangnya Monev dari manajemen dan kurangnya kepatuhan petugas.” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan dalam rangka mencapai akreditasi Paripurna RSUD Abdul Aziz selalu berpedoman pada pelayanan yang mengutamakan mutu dan keselamatan pasien / masyarakat, senantiasa meningkatkan SDM, sarana dan prasarana serta penyelenggaraan pengelolaan keuangan yang efisien dan transparan.

Selain itu, pihaknya dengan dukungan Pemerintah Kota Singkawang mengadakan komitmen bersama dengan melakukan segala persiapan-persiapan yang diperlukan guna dapat meraih kembali akreditasi peripurna.

“Dalam rangka untuk mencapai akreditasi Paripurna, kami dengan dukungan Pemerintah Kota Singkawang melakukan komitmen bersama dengan melakukan segala persiapan-persiapan yang diperlukan guna dapat meraih kembali akreditasi peripurna.” jelasnya.

“Terimakasih telah memilih RSUD abdul aziz sebagai destinasi kunjungan, Saya harap dengan kunjungan ini dapat memberikan gambaran sehingga RSUD Kumpulan Pane juga dapat meniru dan juga memperoleh akreditasi paripurna kedepannya.” tutupnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan Pemerintah Kota Singkawang akan mendukung penuh dan bersedia berbagi informasi yang diperlukan oleh tim RSUD Kumpulan Pane dalam rangka mengejar Akreditasi Paripurna.

“Kita semua disini tidak segan segan untuk berbagi informasi sebagaimana yang diinginkan dari tujuan rombongan Kota Tebing Tinggi kunjungan ke Singkawang untuk mengejar akreditasi paripurna.” sahutnya.

Sumastro mengucapkan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan Pemerintah Kota Tebing Tinggi dan Tim RSUD Kumpulan Pane. Ia berharap semoga kegiatan studi tiru ini dapat memberi manfaat bagi kedua belah pihak.

“Terimakasih sekali lagi atas kunjungan yang dilakukan pemkot Tebing Tinggi dan Tim RSUD Kumpulan Pane, semoga diskusi dan komunikasi kita pada hari ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Dan tidak menutup kemungkinan kita akan berkunjung ke tebing tinggi dalam waktu dekat.” Pungkasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik