Singkawang, MC – Dalam rangka pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh Tahun 2023, Polres Singkawang melaksanakan Rapat Koordinasi lintas sektoral “Operasi Liong Kapuas 2023” di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Kamis (19/01/2023).

Perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 , tidak hanya menjadi event tahunan Kota Singkawang, namun kini telah masuk menjadi event serta agenda nasional. Hal tersebut disampaikan oleh, Asisten 2 Sekda Kota Singkawang, Sutiarno dalam sambutannya di Rapat Koordinasi lintas sektoral “Operasi Liong Kapuas 2023”. Ia bersyukur, pada tahun ini, event tersebut dapat dilaksanakan kembali seperti semula, setelah dua tahun tidak dapat diadakan, karena pandemi Covid – 19.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa event Imlek dan Cap Go Meh di Kota Singkawang, bukan hanya menjadi event bagi Kota Singkawang, namun kini telah menjadi event serta masuk kedalam agenda nasional” katanya.

“Saya bersyukur, pada tahun ini, event Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023, dapat kita selenggarakan kembali, setelah dua tahun, kita tidak bisa melaksanakannya, akibat dari pandemi Covid-19” tambahnya.

Menurutnya keuntungan yang akan didapatkan Kota Singkawang melalui kegiatan tersebut dari aspek ekonomi, melihat banyaknya jumlah pengunjung yang akan datang ke Kota Singkawang untuk menyaksikan perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023. Hal tersebut berdasarkan dari penuhnya tempat penginapan di Kota Singkawang yang telah dipesan jauh sebelum pelaksaan perayaan ini.

“Dari sisi ekonomi, banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh Kota Singkawang melalui perayaan ini. Karena dapat dipastikan, jumlah pengujung yang hadir di perayaan Imlek dan Cap go Meh tahun ini akan sangat banyak. Hal tersebut terlihat dari penuhnya tempat penginapan di Kota Singkawang, yang telah dipesan jauh sebelum hari perayaan,” terangnya.

Dia meminta kepada seluruh tamu yang hadir, untuk dapat bekerja sama dan berkolaborasi demi mensukseskan perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023 di Kota Singkawang. Agar para pengunjung dapat melihat langsung indahnya toleransi yang tercipta di Kota Singkawang, yang bisa menjadikan Kota Singkawang tidak hanya sekedar toleran, namun juga menjadi Kota yang nyaman untuk didatangi dan dikunjungi.

“Saya minta kepada seluruh tamu undangan yang hadir, mari kita bekerja sama dan berkolaborasi demi mensukseskan acara Imlek dan Cap Go Meh ini. Agar nanti kedepannya, pengunjung, tidak hanya melihat Kota Singkawang sebagai Kota yang toleran, namun juga menjadi Kota yang nyaman untuk didatangi dan dikunjungi,” pintanya.

Sementara itu, Kapolres Singkawang, AKBP. Arwin Amrih Wientama berharap, melalui rapat ini akan memperkuat sinergisitas dalam mensukseskan  perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023. Ia menilai rapat ini sangat penting, mengigat dalam  kegiatan ini akan terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke Kota Singkawang. Dan berpotensi menghasilkan gangguan Kamtibmas, sehingga perlu persiapan yang matang, agar hal-hal tersebut dapat diminimalisir. Namun ia tetap memerintahkan kepada bawahannya untuk tetap bersikap profesional dan humanis dalam penanganan keamanan di perayaan Imlek dan Cap Go Meh tahun 2023.

“Melalui rapat koordinasi ini, kita akan menyatukan langkah, visi, misi, dan persepsi kita, dalam mensukseskan perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023” ujarnya.

“Mengingat dalam kegiatan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2023, akan terjadi lonjakan jumlah pengunjung ke Kota Singkawang, potensi-potensi gangguan Kamtibmas sangat mungkin terjadi. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah persiapan yang matang guna meminimalisir hal tersebut, dan saya telah memerintahkan  kepada seluruh bawahan saya, untuk melakukan penanganan keamanan secara profesional dan humanis,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik