Singkawang, MC – Dalam upaya untuk meningkatkan tata kelola arsip secara digital melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Singkawang menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penerapan SRIKANDI di TCM Room Kantor Wali Kota, Rabu (5/6/2023). Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Pj. Wali Kota, Sumastro.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang diketuai Prihatni Wuryamini, serta diikuti 48 peserta yang terdiri dari 24 admin SRIKNADI dan 24 Pengelola Surat di setiap OPD.

Dihadapan peserta, Pj. Wali Kota menyebut kearsipan merupakan bagian penting dalam tatanan pekerjaan pemerintah.

“Arsip itu bagian yang sangat penting dalam tatanan kerja kita,” ucapnya

Menurutnya, SRIKANDI adalah jawaban untuk meningkatkan tata kelola arsip dan surat dengan memanfaatkan transformasi digital.

“SRIKANDI adalah jawaban akan perubahan tata kelola arsip dan surat, menuju ke arah yang lebih baik, melalui transformasi dari manual ke digital,” menurutnya.

Meski hanya berlangsung satu hari, Sumastro berharap, seluruh peserta dapat memahami materi pelatihan dengan baik. Sehingga berdampak positif dalam manajemen kearsipan serta memudahkan dan meringankan pekerjaannya.

“Semoga dalam pelatihan yang singkat ini, seluruh peserta dapat memahami materi dengan baik, sehingga berdampak positif dalam manajemen kearsipan serta memudahkan dan meringankan pekerjaannya,” harapnya.

Kepada seluruh peserta, Ia meminta untuk memanfaatkan aplikasi SRIKANDI, agar pekerjaan kearsipan menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerarsipan Kota Singkawang, Darnila mengungkapkan pelatihan itu bertujuan untuk terselenggaranya surat menyurat dalam bentuk elektronik dan meningkatkan kemampuan ASN dalam mengoperasikan SRIKANDI.

“Pelatihan ini bertujuan untuk terselenggaranya surat menyurat dalam bentuk elektronik dan meningkatkan kemampuan ASN dalam mengoperasikan SRIKANDI,” ujarnya.

Bid. IKP