Singkawang, MC – Penjabat Wali Kota Singkawang Sumastro menghadiri kegiatan Pembinaan Ketua Rukun Tetangga (RT) Wilayah Kecamatan Singkawang Selatan di Aula Kantor Camat Singkawang Selatan, Rabu (5/7/2023).

“Terimakasih atas dukungan dan peran dari para RT. Ketua RT memang bukan PNS atau ASN, tapi punya tugas yang sangat berhubungan dengan pemerintah dan masyarakat.” Ucap Pj Wali Kota Singkawang Sumastro.

Sumastro mengatakan Pemerintah Kota Singkawang menggandeng BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan sebagai bentuk perhatian dan memberikan perlindungan kesehatan untuk masyarakat tak terkecuali Ketua RT yang juga termasuk sebuah profesi dalam melayani masyarakat.

“Kita harus memperhatikan para RT yang menjalankan tugas dan fungsi sosial kemasyarakatan. Salah satunya adalah akan jaminan kesehatan. Jangan lupa sampaikan kepada masyarakatnya bahwa kita sudah berstatus UHC. Dan BPJS Ketenagakerjaan dikhususnya untuk pekerja, termasuk RT.” katanya.

Tidak lupa pula, Pj Wali Kota Singkawang mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya di Singkawang Selatan untuk mematuhi dan menjalankan segala peraturan, instruksi maupun surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Seperti misalnya Instruksi Gerakan Singkawang Bersih dan SE Pengaturan Nomor Rumah dan Bangunan.

“Melalui Pak Camat, Lurah dan para RT ini harus disampaikan ke warganya seperti pengaturan nomor rumah, itu udah ada formatnya dan ikuti seperti itu. Dan juga terkait gerakan Singkawang Bersih, mulai inisiatif membersihkan lingkungan sendiri karena apabila mengandalkan tim kebersihan saja saya kira tidak akan mampu.” tegasnya.

Terakhir, Sumastro berharap para Kepala RT dapat senantiasa kompak dan dalam menjalankan tugas selalu mengutamakan komunikasi yang baik serta musyawarah untuk mufakat.

“Karena RT yang paling dekat dengan kehidupan sosial masyarakat, maka harus selalu kompak dan kalau ada masalah selalu komunikasikan dengan baik. Saya harap di masa kepemimpinan saya yang hanya satu tahun ini untuk kita semua semoga dapat diwarnai dengan kemajuan-kemajuan, sesuatu yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.” tutupnya.

Bid. IKP