Singkawang, MC – Menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1445 H/2024 M, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Singkawang bekerja sama dengan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kota Singkawang dan Taman Rekreasi Teratai menggelar Lomba Iman dan Taqwa (Imtaq) Tingkat SD dan SMP se Kota Singkawang.

Lomba digelar di Rumah Melayu Balai Serumpun Kota Singkawang pada Rabu (27/3/2024) yang dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro.

Adapun kategori yang diperlombakan antara lain, Azan dan Iqomah, Sholat Berjamaah, Hafalan Surah Pendek, Tilawah, Qultum, Qasidah Siswa dan Guru, Parita Suci Buddha, Mazmur, Menyanyikan lagu rohani Kristen serta membaca cerita tokoh agama.

Total peserta lomba dari SD dan SMP kurang lebih 500 siswa, yang mana pada jenjang SD merupakan siswa terbaik yang telah melewati seleksi di tingkat kecamatan

Pj Wali Kota sangat mengapresiasi kegiatan ini, terlebih di bulan suci ramadan hendaknya memang diisi berbagai kegiatan dalam rangka memperkokoh keimanan dan ketaqwaan terutama bagi generasi muda.

“Senang sekali, dalam semarak bulan suci ramadhan diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan penuh dengan nilai-nilai keagamaan,” kata Sumastro.

Sumastro menambahkan, melalui kegiatan ini tentunya mampu menanamkan jiwa moderasi beragama dan sikap toleransi di kalangan para pelajar. Serta menjadi bentuk praktik dari pengembangan dunia pendidikan yang inklusif.

“Harapannya kepada seluruh pemangku kepentingan, agar terus menciptakan inovasi dalam setiap program kegiatannya sehingga dapat menjadikan suatu amal yang baik untuk kita semua.” ujarnya.

Sementara Kepala Disdikbud Kota Singkawang, Asmadi menyebutkan lomba ini digelar dalam rangka mewudkan profil pelajar pancasila melalui pembinaan katakter akhlak mulia serta peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Menurutnya, kegiatan ini akan terus dikembangkan di tahun-tahun berikutnya.

“Insyallah terus kita kembangkan, termasuk untuk lomba-lomba Imtaq agama lain seperti katholik, prostestan, budha dalam wadah kelompok kerja guru-guru agama masing-masing,” katanya.

“Hal ini dalam rangka mewujudkan modernisasi kehidupan umat beragama apalagi kota singkawang adalah kota tertoleran se indonesia,” tambahnya.

Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan hadiah dan penghargaan oleh Pj Wali Kota Singkawang didampingi Kepala Disdikbud Kota Singkawang kepada 10 siswa terbaik dan 2 siswa prestasi istimewa untuk hafalan Al Qur’an 30 Juz yang sebelumnya telah dilaksanakan terlebih dahulu pada tanggal 18 Maret 2024.

Bid. IKP