Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang bersama Kapolres Kota Singkawang meresmikan Ruang Pelayanan Ramah Anak “Wira Pratama Cendikia” Polsek Singkawang Selatan, Selasa (7/2/2023).

Kegiatan turut dihadiri Komisi Perlindungan Perempuan dan Anak Daerah Kalimantan Barat, Kepala Pengadilan Negeri Singkawang, Kadis Sosial PPPA Kota Singkawang, Camat Singkawang Selatan, serta Lurah se Singkawang Selatan.

Pj. Wali Kota Sumastro menyambut baik program ini. Ia mengatakan sebenarnya seluruh OPD di Kota Singkawang telah menerapkan Ruang Ramah Bagi Anak. Namun setelah meninjau secara langsung konsep Ruang Ramah Anak di Polsek Singkawang Selatan, Sumastro berkeinginan untuk mencontoh dan mengembangkan konsep serupa di OPD yang ada di Kota Singkawang.

“Sebenarnya program ini sudah kita terapkan di seluruh OPD di Kota Singkawang. Tapi setelah melihat langsung fasilitas yang ada di Ruang Pelayanan Ramah Anak di Polsek Singkawang Selatan, saya jadi ingin meniru fasilitas tersebut agar disediakan OPD di Kota Singkawang,” ujarnya.

“Karena di Ruang Pelayanan Ramah Anak Polsek Singkawang Selatan, terdapat ruang bermain hingga ruang baca bagi anak yang bisa membuat mereka betah di tempat tersebut, di saat orang tua mereka sedang mengurus keperluan di Polsek Singkawang Selatan,” tambahnya.

Ia  berharap Ruang Wira Pratama Cendikia akan berkontribusi bagi Kota Singkawang dalam mendongkrak score Kota layak bagi anak. Agar kedepannya, Kota Singkawang bisa meraih predikat sebagai kota layak bagi anak.

“Saya berharap melalui Ruang Wira Pratama Cendikia ini, nilai score kota layak bagi anak  untuk Kota Singkawang akan terdongkrak. Dan Kota Singkawang bisa meraih predikat sebagai kota yang layak bagi anak,” harapnya.

Kapolres Singkawang, AKBP Arwin Amrih Wientama mengatakan pembangunan Ruang Pelayanan Ramah Anak Polsek Singkawang Selatan diproyeksikan untuk meningkatkan kinerja Anggota Polsek Singkawang Selatan, khususnya pada sektor penyelenggaraan pelayanan publik.

Ia berharap, kehadiran Ruang pelayanan ini dapat meningkatkan nilai kepercayaan publik terhadap Polri, khususnya Polsek Singkawang Selatan. Ia pun bertekad, kedepannya Polsek Singkawang Selatan akan mampu dan wajib membuktikan kepada masyarakat, bahwa Polri benar-benar menjadi abdi utama bagi nusa dan bangsa.

“Saya berharap, Ruang Pelayanan Ramah Anak ini dapat meningkatkan nilai kepercayaan publik terhadap kinerja Polri, dan kami pun bertekad, kedepannya, Polsek Singkawang Selatan akan mampu dan wajib membuktikan kepada masyarakat, bahwa Polri benar-benar menjadi abdi utama bagi nusa dan bangsa,” tekadnya.

Sementara itu, perwakilan masyarakat Kecamatan Singkawang Selatan, Tjhai Leonardi mengatakan, Ia begitu bersimpati dan bangga atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polsek Singkawang Selatan dalam melayani warganya. Dia meyakini Ruangan Wira Pratama Cendikia akan banyak memberi manfaat bagi masyarakat.

“Saya secara pribadi dan mewakili aspirasi warga Singkawang Selatan begitu bersimpati dan bangga atas kinerja yang telah dicapai oleh Polsek Singkawang Selatan,” ujarnya

“Ruangan ini, saya yakin akan memberikan begitu banyak manfaat bagi masyarakat,” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik