Singkawang, MC – Kota Singkawang menjalin kerjasama Friendship City atau Kota Persahabatan dengan Kota Sibu . Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Pernyataan Kehendak Kerjasama yang dilakukan oleh Ketua Dewan Kota Sibu dan Pj. Wali Kota Singkawang di Balairung, Selasa (7/2/2023).

Adapun tujuan dari kerjasama ini untuk memajukan dan memperluas hubungan bilateral yang efektif dan saling menguntungkan dalam pembangunan kedua kota. Kerjasama ini berlangsung selama 5 (lima) tahun pada bidang-bidang yang disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu Ekonomi, Perdagangan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Budaya, Pendidikan, dan Pariwisata.

Lebih lanjut, kedua belah pihak akan menjalin komunikasi secara intens seputar bidang-bidang terkait dalam rangka mempromosikan potensi demi kemajuan dan pengembangan bersama.

Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro menyambut baik kedatangan Ketua Dewan Kota Sibu beserta rombongan dengan jamuan makan malam. Tak hanya itu, Sumastro pun mengapresiasi upaya-upaya kerjasama bilateral yang diusung pada kegiatan tersebut.

“Sebagai tuan rumah, kami menyambut kedatangan Ketua Dewan Kota Sibu Clarence Ting Ing Horh beserta rombongan di Kota Singkawang. Mudah-mudahan, selanjutnya kita dapat melakukan kunjungan balasan ke Kota Sibu,” ujarnya.

“Pada malam ini, Kota Singkawang dan Kota Sibu bersama-sama menandatangani pernyataan kehendak kerjasama atau Letter of Intent (LOI) yang merupakan momen bersejarah bagi kedua belah pihak. Kemudian, kita akan teruskan untuk mendapatkan proses MOU setelah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat,” tambahnya.

Di lain pihak, Ketua Dewan Kota Sibu Clarence Ting Ing Horh mengapresiasi keramahtamahan dan sambutan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Singkawang. Awalnya, pihaknya bertandang ke Konsulat Jenderal RI untuk mencari perwakilan kota yang bersedia menjalin kerjasama Kota Persahabatan.

“Pertama-tama, saya ucapkan terimakasih banyak kepada Pj. Wali Kota Singkawang dan Konsulat Jenderal RI karena telah mengatur dan menggelar pertemuan ini. Konsulat Jenderal RI mengatakan Kota Singkawang bersedia membangun jalinan kerjasama ini. Maka dari itu, saya bersikeras untuk bertandang ke Kota Singkawang meski saya tidak begitu memahami Kota Singkawang,” ujarnya.

Begitu setelah Ketua Dewan Kota Sibu beserta rombongan menginjakkan kaki di Kota Singkawang, pihak langsung terpesona dengan kehidupan masyarakat dan budaya di dalamnya. Clarence Ting Ing Horh bersemangat dapat membangun kerjasama dengan Kota Singkawang karena kesamaan yang dimiliki antara kedua Kota.

Kota Sibu juga didominasi oleh masyarakat dari etnis yang juga beragam, diantaranya 60 persen orang Cina, 20 persen orang Melayu dan 20 persen orang Dayak. “Itulah kenapa kami pun memiliki jajaran pejabat yang berasal dari latar belakang dan suku yang beragam. Ini merupakan sebuah awal dan pertanda yang baik bagi Kota Sibu berkat adanya kesamaan ini,” tambahnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik