Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kominfo menggelar konferensi pers terkait Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di TCM Room kantor Wali Kota, Jumat (23/12/2022).

Kegiatan dihadiri Penjabat Wali Kota, Kapolres, Dandim 1202 Singkawang dan Kepala OPD terkait.

Penjabat Wali Kota Singkawang Sumastro berharap perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kota Singkawang berjalan lancar, aman dan kondusif. Ia juga meminta dukungan seluruh elemen masyarakat untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban.

“Tentu kami minta dukungan seluruh elemen masyarakat bersama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga perayaan Nataru berjalan kondusif,” ujarnya.

Terkait ketersediaan bahan pokok, Ia mengatakan dalam kondisi aman. Pihaknya bersama Satgas Pangan juga telah melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok di Singkawang.

“Dari pemantauan yang dilakukan beberapa waktu lalu, ketersediaan stok bahan pokok baik yang bersifat produk olahan yang bermain di tingkat agen maupun distributor masih dalam kondisi aman,” katanya.

Menurutnya perayaan Natal dan Tahun Baru adalah merupakan bagian dari ekspresi masyarakat untuk bergembira, bersuka cita, melaksanakan ibadah khususnya umat Kristiani.

Bahkan masyarakat yang lainnya juga memanfaatkan waktu libur hari besar tersebut untuk berwisata.

“Maka itu akan tetap kita berikan rasa aman baik dalam kontek pengamanan maupun kewaspadaan terhadap kejadian luar biasa,” jelasnya.

Kapolres Singkawang, AKBP Arwin Amrih Wieantama mengatakan, pada prinsipnya pihak kepolisian siap untuk melaksanakan kegiatan Operasi Lilin Kapuas 2022.

“Pelaksanaannya mulai 23 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023,” katanya.

Kegiatan pengamanan terhadap orang atau manusianya, katanya, kemudian lokasi atau tempat seperti obyek wisata, tempat hiburan malam (THM), maupun tempat-tempat ibadah seperti gereja.

Pihaknya juga menyiapkan 6 Pos Pengamanan dalam rangka pengamanan Nataru. Personel Polres dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan Nataru berjumlah 180 orang.

Dalam giat pengamanan, baik di Pospam, jalan raya, obyek wisata dan gereja, pihaknya dibantu jajaran dari TNI, Dishub, Satpol PP Singkawang dan Satbrimob Batalyion B Pelopor.

Sementara Dandim 1202/Skw, Letkol Kav I Nyoman Artawan mengatakan siap memberikan BKO kepada Polres Singkawang. “Kita sudah siagakan personel TNI di masing-masing Pospam yang dibangun Polres Singkawang,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik