Singkawang, MC – Kota Singkawang kembali diguyur hujan deras pada Kamis malam hingga Jumat siang kemarin. Hal ini tentunya menyebabkan banjir di beberapa tempat di Kota Singkawang.

Berkenaan dengan hal ini, Penjabat Wali Kota Singkawang melakukan peninjauan untuk memastikan kondisi di RSUD dr. Abdul Aziz Jumat (23/12/2022) sore.

“Saya mencoba mengambil inisiatif bersama pak direktur dan Plh sekda melakukan peninjauan, walaupun cuaca relatif masih terkendali, karena memang jangan sampai kita seperti yang lalu. Jadi respon kita sudah tepat,” kata  Pj Wali Kota, Sumastro saat ditemui di lokasi peninjauan.

Ia berharap dan berdoa bersama semoga dalam waktu dekat curah hujan di Kota Singkawang tidak terlalu ekstrim seperti yang pernah terjadi sebelumnya dan tidak terjadi pasang air laut dalam waktu yang bersamaan.

“Saya berharap dan kita berdoa bersama semoga curah hujan di Kota Singkawang tidak ekstrim. Dan juga tidak rob dari laut. Kalau rob juga terjadi otomatis air terkepung di tengah”. tuturnya.

Sumastro juga menilai antisipasi dari pihak RSUD sangat baik dengan adanya bantuan alat pompa air dari Pemerintah Provinsi untuk mengendalikan genangan air yang berpotensi tinggi.

“Antisipasi dari pihak RSUD juga cukup baik saya lihat dengan adanya alat bantu pompa air untuk mengendalikan genangan air yang berpotensi tinggi, saya mengharapkan alat ini dapat dihibahkan ke kita jadi bisa digunakan permanen.” harapnya.

Senada dengan PJ Wali Kota, Direktur RSUD Abdul Aziz, dr. Achmad Hardin mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan dalam menghadapi hujan deras yang berpotensi banjir kembali dengan menyiapkan alat pendeteksi banjir.

“Persiapan menghadapi banjir yang kerap terjadi di sini sudah menjadi prioritas kami. Dam kami sudah menyiapkan alat pendeteksi, yang mana jika itu berbunyi maka seluruh insan RSUD sudah siap dengan tugasnya masing-masing untuk menyelamatkan pasien, dokumen dan alat-alat kesehatan.” jelasnya.

“Iya memang kita ada dapat bantuan alat pompa air, jadi terimakasih kepada pihak balai provinsi dan memang dengan itu berfungsi dengan efektif untuk mengurangi resiko banjir yang tinggi di RSUD Abdul Aziz.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik