Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang mengelar acara pisah sambut Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang periode 2017-2022 kepada Penjabat Wali Kota di Hotel Swiss bellin, Jumat (23/12/2022) malam.

Acara diawali dengan ucapan pesan dan kesan oleh masyarakat Kota Singkawang yang diwakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Muhlis.

Pada acara ini, Pemerintah Kota Singkawang, menampilkan video klaidoskop lima tahun kepemimpinan Tjhai Chui Mie dan Irwan. Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih masyarakat Kota Singkawang atas jasa dan perjuangan beliau dalam memimpin dan membangun Kota Singkawang selama menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang.

Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro, mengatakan

banyak sekali keberhasilan yang telah dicapai pada masa pemerintahan ibu Tjhai Chui Mie dan bapak Irwan. Dan keduanya pun telah berhasil menjawab tantangan publik dalam mewujudkan bandara di Kota Singkawang. Setelah sebelumnya banyak sekali pihak yang meragukan hal tersebut.

“Ibu Tjhai Chui Mie dan bapak Irwan, telah banyak menorehkan prestasi yang luar biasa dalam membangun Kota Singkawang. Saya masih ingat ketika kami dianggap oleh banyak pihak sebagai seorang pemimpi, ketika kami berencana membangun bandara di Kota Singkawang. Namun beliau telah membuktikannya kepada kita semua, diawali pada tahun 2019, proses pembangunan bandara Kota Singkawang resmi dimulai, dan Insya Allah sesuai dengan janji BAPPENAS dan Kementerian Perhubungan, di tahun 2024 pembangunan bandara selesai,” katanya.

Di akhir sambutan Sumastro menyatakan berkomitmen untuk mendorong seluruh pencapaian yang telah diraih pada masa kepemimpinan Tjhai Chui Mie – Irwan menjadi lebih baik lagi.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Singkawang, berkomitmen, untuk terus mendorong seluruh pencapaian yang telah di wujudkan pada masa pemerintahan ibu Tjhai Chui Mie dan bapak Irwan ke arah yang lebih baik lagi” tutupnya.

Sementara itu, Tjhai Chui Mie dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kota Singkawang yang telah menggelar acara pisah sambut ini. Serta tak lupa ia sampaikan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Singkawang yang selama ini telah berjuang bersama-sama untuk membangun Kota Singkawang.

“Hadirin sekalian, izinkan saya dalam kesempatan ini, untuk menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Singkawang, yang telah mengelar acara pisah sambut ini, dan saya beserta bapak Irwan juga ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh jajaran di Pemerintahan Kota Singkawang yang dalam
lima tahun ini, telah bekerja sama dengan kami, dalam membangun Kota Singkawang” ungkapnya.

Tjhai Chui Mie, sedikit menceritakan pengalamannya dalam memimpin Kota Singkawang, ia merasa dalam melaksanakan tugasnya sebagai Wali Kota Singkawang, banyak sekali tantangan serta rintangan yang dilalui demi membangun Kota Singkawang. Namun hal tersebut dapat dilalui dan diatasi berkat kerja sama tim yang begitu hebat antara dirinya, Wakil Wali Kota, jajaran Pemerintah Kota Singkawang, dan Forkopimda.

“Tanpa terasa masa jabatan kami telah berakhir seminggu yang lalu, didalam menjalankan tugas kami ini, kami tidak akan mampu untuk bekerja sendiri, karena tidak ada istilah orang hebat di dunia ini, bagi kami yang ada itu, adalah tim yang hebat, dan hal itulah yang terjadi di masa pemerintahan kami, sehingga banyak sekali keberhasilan yang kita raih dalam membangun Kota Singkawang” ujarnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Tjhai Chui Mie memberikan kesempatan kepada Irwan, untuk memberikan kata sambutannya yang sekaligus menjadi penutup dalam kata sambutan ini. Irwan mengingat kembali kenangannya bersama ibu Tjhai Chui Mie ketika melakukan kampanye pada pilkada Kota Singkawang pada 2017 silam.

Ia mengatakan, bahwa pertemuan adalah awal dari perpisahan namun yang paling penting dari hal ini adalah perpisahan adalah awal yang indah untuk pertemuan selanjutnya. Irwan pun berharap, kedepannya Kota Singkawang tidak hanya menjadi Kota tertoleran, namun dapat menjadi Singkawang yang rukun sehingga akan muncul ikatan batin yang kuat diantara masyarakat Kota Singkawang.

“Saya berharap, Kota Singkawang kedepannya tidak hanya sekedar menjadi Kota tertoleran, karena toleransi itu hanya sebatas saling menghargai satu sama lain, namun di masa yang akan datang, Kota Singkawang harus menjadi Kota yang rukun, karena dengan kerukunan itulah, akan muncul ikatan batin antara kita sesama masyarakat Kota Singkawang” harapnya.

Acara pun dilanjutkan dengan pemberian cenderamata yang di berikan oleh jajaran Pemrintah Kota Singkawang dan Forkopimda Kota Singkawang kepada ibu Tjhai Chui Mie dan bapak Irwan.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik