Singkawang, MC – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harisson mengatakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendukung segala bentuk kerja sama daerah khususnya terkait percepatan pembangunan regional.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mendukung segala bentuk kerja sama daerah khususnya terkait percepatan pembangunan regional hal ini seusai dengan amanat PP no 28 tahun 2018 tentang kerjasama daerah.” kata Harisson saat membuka Seminar Regional Singkawang Bengkayang Sambas dan Mempawah di Hotel Swissbellin, Sabtu (27/2/2023).

Harisson menjelaskan berdasarkan indentifikasi daya saing kawasan SINGBEBASWAH, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebagai pendorong pembangunan regional salah satunya adalah pemanfaatan sarana lintas batas dan perbaikan layanan pendidikan guna peningkatan kualitas SDM daerah.

“Pintu export yang telah siap seperti pelabuhan Kijing Sintete, PLBN Aruk dan PLBN Jagoi Babang harus dimanfaatkan dengan baik oleh pemda. Layanan pendidikan berupa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang terdapat di masing-masing daerah seyogyanya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas sdm setempat dan menjadi mitra pemerintah kab/kota.” jelasnya.

Harisson juga menyampaikan arahan Gubernur Kalbar untuk tiap-tiap daerah terkait perbaikan pembangunan regional diantaranya, peningkatan produktivitas pertanian untuk daerah Sambas, dan akselerasi pertumbuhan ekonomi produk komoditi untuk daerah Bengkayang.

“Terdapat beberapa arahan yang perlu untuk ditindak lanjuti, untuk Sambas meningkatkan produktivitas pertanian dan akselerasi kawasan industri semparuk melalui peningkatan kualitas SDM. Kemudian untuk Bengkayang, akselerasi pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan komoditi atau produk bernilai tambah tinggi seperti tengkawang, bidai dan jasa lingkungan, ekowisata dan sumber air bersih. Peningkatan IDM indeks desa membangun.” tegasnya.

Sedangkan untuk daerah Singkawang arahan berupa percepatan pembangunan Bandara dan penanganan banjir, penataan atraksi wisata serta percepatan pembangunan jalan bebas hambatan dan tata ruang kawasan Pelabuhan Kijing untuk daerah Mempawah.

“Selanjutnya untuk Mempawah pembangunan ekonomi inklusif, percepatan pembangunan layanan air bersih dan jalan bebas hambatan, percepatan revisi rencana tata ruang wilayah kab, percepatan rencana detil tata ruang kawasan pelabuhan kijing dan pengembangan kawasan ekonomi khusus di sungai kunyit. Dan terakhir untuk Singkawang percepatan pembangunan bandara singkawang, penanganan banjir perkotaan, penataan destinasi dan atraksi wisata serta pengembangan kreatifitas kota.” sambungnya.

Lebih lanjut, Harisson berharap semoga seminar regional ini dapat berjalan dengan lancar, dapat bermanfaat dan memperoleh hasil yang mampu membangun Kalimantan Barat menjadi lebih maju dan sejahtera.

“Dengan ini, Seminar regional pembangunan saya buka secara resmi. Semoga Allah selalu memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita dalam upaya bersama membangun kalbar yang maju dan sejahtera.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik