Singkawang, MC – Malam perayaan Natal tahun 2022 di Kota Singkawang berlangsung meriah. Demi menjaga dan memastikan hal tersebut PJ Wali Kota Singkawang Dirlantas Polda Kalbar, Kapolres Singkawang dan Dandim 1202/Skw melakukan peninjauan malam Natal 2022 di beberapa gereja dan Pos Pengamanan, Sabtu (25/12/2022) malam.

“Malam ini kita sangat berbahagia dan berbangga hati karena pada perayaan natal ini dikunjungi langsung oleh Dirlantas Polda Kalbar” Kata PJ Wali Kota Singkawang Sumastro saat ditemui di Beringin Corner.

“Saya rasa ini bagian dari keberuntungan Kota Singkawang yang selalu mendapat perhatian dan ini memberi semangat bagi kita semua dalam perayaan natal dan tahun baru yang sedang berlangsung ini.” lanjutnya

Sumastro mengatakan Pemerintah Kota Singkawang bersama TNI-Polri selalu berupaya hadir untuk membersamai dalam perayaan Natal tahun ini. Kegiatan ini juga menjadi bukti nyata perhatian dan sebagai jaminan keamanan yang diberikan untuk menjaga masyarakat agar dapat beribadah dan menikmati malam natal dengan aman dan penuh suka cita.

“Tadi kita sudah mengunjungi gereja-gereja untuk sebagai wujud pemberian rasa aman dan perhatian dari kami. Sehingga diharapkan kehadiran kami ini dapat memberikan keamanan dan kenyamanan umat kristiani dalam beribadah.” tuturnya.

Ia berharap semoga keamanan dan kenyamanan ini dapat terus dijaga dan berlangsung hingga perayaan Tahun Baru 2023 sebagai bagian dari cerminan Kota Tertoleran di Indonesia.

“Mudah-mudahan situasi damai, harmonis, penuh persaudaraan sejati sebagai bagian dari cerminan Kota Tertoleran di Indonesia benar benar dapat kita wujudkan. Dan semoga semua elemen masyarakat yang ada di Kota Singkawang betul-betul berbahagia damai dalam perayaan natal tahun ini.” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Kalbar selaku Kasatgas Operasi Lilin Kapuas 2022 Muhammad Iqbal mengatakan perayaan Natal di Kota Singkawang berlangsung khidmat dan lancar terbukti dengan toleransi yang dihadirkan masyarakat Kota Singkawang yang sangat tinggi.

“Alhamdulillah, sejauh pantauan kami pelaksanaan natal di Kota Singkawang dapat berlangsung khidmat, masyarakat yang ada di Kota Singkawang juga kelihatan toleransinya. Saling mendukung di beberapa gereja ada beberapa ormas islam dari banser yang ikut mengamankan ini sungguh luar biasa dan bisa di tiru daerah-daerah lain.” jelasnya.

Iqbal menambahkan, kondisi lalu lintas di Kota Singkawang juga terpantau aman lancar. Ia berharap situasi ini dapat terus terkendali dan terjaga hingga menyambut perayaan tahun baru nanti.

“Untuk lalu lintas, pantauan kami hingga kini dapat berjalan aman tertib dan lancar, perjalanan saya juga dari Pontianak sekitar 3 jam yang berarti juga menunjukkan lancar. Kita harapkan situasi ini dapat berlangsung hingga nanti tahun baru. Dan kita berharap cahaya natal tahun ini dapat menuntun kita semua menuju kesuksesan dan kesejahteraan bersama” sambungnya.

Pihaknya juga akan melakukan pemantauan di beberapa lokasi wisata untuk memastikan keamanan dan perlindungan kepada masyarakat yang akan menikmati liburan.

“Kami juga akan mengunjungi beberapa objek wisata , kita mau liat pengamanan yang dilakukan polres singkawang dengan di backup oleh beberapa satgas pembantu seperti Polisi Air, BRIMOB, dan instansi lain termasuk Basarnas.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik