Singkawang, MC – Sebanyak 24 pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kota Singkawang telah resmi dilantik oleh ketua PB HMI, Raihan Ariatama di aula Hotel Khatulistiwa, Minggu (25/12/2022). Purwanto Mahasiswa dari STIT Kota Singkawang berhasil terpilih sebagai ketua umum HMI cabang Singkawang periode 2022 – 2023.

Kegiatan dihadiri Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro, Forkopimda dan pengurus HMI Kota Singkawang

Kegiatan mengusung tema “Bersinergi Dalam Memantapkan Nilai – Nilai ke HMI an Untuk Mewujudkan Akedimisi Islam Yang Berakhlak Mulia demi Terjaganya Singkawang Sebagai Kota Tertoleran”.

Penjabat Wali Kota Singkawang, Sumastro, menekankan kepada Mahasiswa untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai insan akademisi dengan memanfaatkan fasilitas baik yang disediakan oleh pemerintah maupun oleh HMI itu sendiri demi untuk membangun Kota Singkawang menuju masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, dan berkeadilan.

Ia juga mengingatkan kepada para Mahasiswa  untuk mempersiapkan diri menjadi generasi digital, melek sains dengan menguasai teknologi informasi.

“Mahasiswa harus terus meningkatkan kapasitasnya sebagai insan akademisi dengan memanfaatkan fasilitas, baik yang disediakan oleh pemerintah maupun oleh HMI. Dan mahasiswa juga harus mempersiapkan diri untuk menjadi generasi digital yang melek sains dengan menguasai teknologi informasi, pada bidang internet, Cloud Computing, Big data, dan Cyber security,” kata Sumastro.

Ia menambahkan, predikat Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia, terwujud berkat adanya harmonisasi dalam keberagaman beragama, etnis, dan budaya. Maka harus dipertahankan, dirawat, dan dibina melalui kolaborasi antara Pemerintah Kota Singkawang dan elemen yang ada di masyarakat.

“Kota Singkawang dengan predikat sebagai Kota Tertoleran di Indonesia haruslah kita pertahankan, kita rawat, dan kita jaga, dengan mengedepankan harmonisasi dalam keberagaman agama, etnis, dan budaya. Dengan adanya kolaborasi antara Pemerintah Kota Singkawang dan elemen lainnya di masyarakat seperti organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi Mahasiswa. Saya yakin Predikat Kota Singkawang sebagai Kota Tertoleran di Indonesia bisa kita raih kembali” tambahnya.

Ia berharap kepada pengurus HMI dan Kohati cabang Singkawang periode 2022 – 2023 yang baru dilantik untuk meningkatkan peran akademisinya demi kemajuan IPTEK, Enterpreneurship, dan inovasi.

“Saya berharap kepada pengurus HMI yang baru dilantik, untuk memainkan perannya dalam meningkatkan peran akademisinya guna kemajuan IPTEK, Enterpreneurship, dan inovasinya baik dalam kritikan, saran, serta masukannya kepada Pemerintah Kota Singkawang” tutupnya.

Sementara itu, Ketua HMI Singkawang Purwanto menegaskan bahwa anggapan HMI sebagai pemberontak itu adalah sebuah kesalahan, karena sesungguhnya HMI ingin agar Kota Singkawang ini maju dan berkembang. Adapun yang mereka lakukan selama ini adalah sebagai wujud kepedulian HMI Cabang Singkawang kepada nasib masyarakat. Di akhir sambutannya, Ia berkomitmen bahwa HMI cabang Singkawang, siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Singkawang selama kebijakan yang dibuat baik oleh Pemerintah maupun DPRD Kota Singkawang, berpihak kepada masyarakat.

“Mungkin banyak sekali pihak yang menilai bahwa kami (HMI) adalah para pemberontak dan penghambat pembangunan di Kota Singkawang, karena sering melakukan protes dan demo atas kebijakan yang dibuat oleh pemerintah maupun DPRD. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa hal tersebut adalah kesalahan besar, kami tidak pernah ingin menghambat pembangunan di Kota Singkawang, justru kami ingin Kota Singkawang ini maju dan berkembang, dan kami siap bersinergi dengan Pemerintah dan DPRD Kota Singkawang, selama kebijakannya berpihak kepada rakyat,” tegasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik