Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro menerima kunjungan Kepala BNNP Kalimantan Barat beserta rombongan di ruang rapat Wali Kota Singkawang, Jumat (21/7/2023). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka membahas Inpres No. 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2020-2024.

Pj Wali Kota Sumastro menyambut baik kedatangan Kepala BNNP Kalimantan Barat beserta rombongan yang mengajak untuk berkolaborasi menindaklanjuti Inpres No.2 Tahun 2020. Sumastro menilai tolak ukur keberhasilan suatu rencana aksi memerangi narkoba ini juga diperlengkapi dengan adanya partisipasi dan kepedulian banyak pihak.

“Tentunya, Pemerintah Kota Singkawang berterimakasih dan mengapresiasi kunjungan Kepala BNNP Kalimantan Barat beserta rombongan. Kami berdiskusi tentang rencana aksi kedepan yang akan dikonsolidasikan antara Pemkot Singkawang dan BNN Kota Singkawang. Baik itu dalam bentuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang demi mewujudkan upaya bersama dalam memerangi narkoba,” ujarnya.

“Kata kuncinya memang harus ada gerakan bersama untuk lebih peduli dengan bahaya narkoba. Sehingga nanti kolaborasi dari tataran Pemkot Singkawang dan elemen-elemen masyarakat menjadi lebih perhatian dalam memproteksi diri dan keluarga terhadap bahaya narkoba. Kepedulian ini harus dilakukan secara massif yang diperkuat dengan program-program yang ada beserta regulasinya,” tambahnya.

Di Indonesia, pencandu narkoba ini perkembangannya semakin pesat. Para pencandu narkoba itu pada umumnya berusia antara 11 sampai 24 tahun. Artinya usia tersebut ialah usia produktif atau usia pelajar. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan dimana narkoba juga menjerat kalangan usia yang jauh lebih muda atau dewasa lainnya.

Kepala BNNP Kalimantan Barat Sumirat Dwiyanto mengatakan pertemuan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari Inpres No. 2 Tahun 2020 dengan mengandeng peranan dari seluruh Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Ia berharap pertemuan ini memunculkan ide-ide rencana aksi yang dapat dilakukan secara konkret dalam memerangi narkoba.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Jokowi, seluruh Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk bersama-sama memfasilitasi gerakan-gerakan terkait pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Tujuan akhirnya untuk menekan, mencegah, memberantas dan masyarakat bisa menolak beredarnya narkotika di wilayah Kota Singkawang,” ujarnya.

Adapun bidang-bidang rencana aksi yang dimaksud, antara lain penyebarluasan informasi, regulasi, tes urin, penguatan karakter taruna/I, pembentukan relawan anti narkoba untuk mewujudkan Desa Bersinar (Bersih Narkoba) dan pengembangan topik anti narkotika di setiap lembaga pendidikan.

Bid. IKP