Singkawang, MC – Kecamatan Singkawang Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD tingkat Kecamatan Tahun 2024 di Aula Kantor Kecamatan Singkawang Utara, Selasa (7/2/2023).

Musrenbang dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Singkawang Sumastro. Ia mengungkapkan pembangunan di wilayah kecamatan Singkawang Utara dinilai sudah cukup merata. Selanjutnya Ia memberikan arahan terkait pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM bagi masyarakat guna meningkatkan potensi aktif UMKM di dalam proses pembangunan daerah.

Menilik pada perhelatan Imlek dan Cap Go meh kemarin, Sumastro mengatakan peran UMKM sangatlah terasa dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, terbukanya lapangan pekerjaan dan pemerataan pendapatan masyarakat.

“Selain dari program prioritas pemerintah Kota Singkawang, Saya kira sektor UMKM perlu diberdayakan lebih lagi. Karena melihat dari event Imlek kemarin UMKM sangatlah berhasil dalam meningkatkan pendapatan masyarakat.” tegasnya.

Selain itu, Sumastro menegaskan untuk selalu menjadikan program penurunan stunting sebagai prioritas bersama.

Pada kesempatan yang sama, Camat Singkawang Utara Awang Martin menyampaikan terdapat beberapa usulan yang menjadi program pembangunan prioritas di Kecamatan Singkawang Utara diantaranya normalisasi parit/sungai, pembangunan jembatan, perbaikan gedung Kantor Kelurahan Naram, drainase kelurahan dan pengaspalan jalan.

“Usulan-usulan yang ditelah ada untuk prioritas pembangunan wilayah Singkawang Utara kedepan diantaranya normalisasi parit/sungai Jalan M. Yunus, pembangunan jembatan Sungai Rasau, perbaikan gedung Kantor Kelurahan Naram, drainase beberapa kelurahan dan perbaikan jalan.” jelasnya.

Awang martin menambahkan, terkait masalah stunting akan terus berupaya menggerakkan TP PKK setempat untuk selalu memberikan pembinaan kepada masyarakat khususnya para calon ibu agar aktif melakukan penyuluhan kesehatan ke posyandu/puskesmas.

“Dalam upaya penanganan stunting, kita akan coba merangkul Tim PKK untuk selalu mengedukasi masyarakat agar aktif melakukan pengecekan kesehatan ke posyandu/puskesmas bagi ibu-ibu hamil.” tuturnya.

Ia berharap semoga beberapa target dan program usulan yang masuk ke dalam skala prioritas pembangunan wilayah Singkawang Utara dapat terealisasi dengan baik.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik