Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie berharap, Kadin Kota Singkawang dibawah kepemimpinan M Guruh Ersia mampu mendongkrak UMKM di Kota Singkawang sesuai visi misi mereka.

“Melalui Kadin, kami ingin pengusaha yang sudah berhasil itu bisa membantu dan mendongkrak para UMKM melalui pembinaan,” kata Tjhai Chui Mie, Sabtu (27/11/2021).

Menurutnya, apabila program tersebut berhasil, tentunya selain meningkatkan perekonomian masyarakat, juga dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Di Kota Singkawang, lanjutnya, ada banyak sekali peluang yang dapat dijadikan usaha, semisal memanfaatkan ramainya pengunjung di Kota Singkawang pada akhir pekan.

“Masyarakat bisa memanfaatkan peluang itu untuk membuka usaha, baik itu berjualan dan sebagainya,” katanya.

Oleh sebab itu, Tjhai Chui Mie menekankan, program-program Kadin ini harus jelas, bahkan menurutnya, program-program tersebut juga harus dievaluasi untuk memberikan hasil yang lebih baik.

H M. Guruh Ersia selaku Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Singkawang untuk periode tahun 2021-2026 mengungkapkan dalam tahap awal massa jabatannya Kadin Singkawang akan lebih fokus untuk memajukan Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Kota Singkawang. Melalui jaringan Kadin yang luas hingga se-Indonesia, dirinya akan membantu memasarkan hasil-hasil produksi usaha dari pelaku UMKM Kota Singkawang. Termasuk dalam acara ICNN, Kadin Singkawang juga salah satu sponsornya. Ia melihat potensi Singkawang besar. Salah satu contoh terkait bagaimana pemasaran produk, ketersedian bahan baku.

“Bahan bakunya dari Singkawang, seperti kripik singkong, ikan, udang ebi, Singkawang ada sumber daya itu, kita pasarkan melalui even, kota lain, Kadin kan memiliki pengurus se-Indonesia, nanti kita coba sinergiskan,” katanya.

Kadin Singkawang berkomitmen membangun UMKM, karena UMKM lebih relatif bertahan dari guncangan krisis, pihaknya akan fokus UMKM untuk lebih berinovasi dan bervariatif seperi apa yang dibutukan masyarakat dalam pandemik.  “Nanti kami himpun, kami bina, kami masukan dalam UMKM binaan kami, dan kami coba bantu pasarkan, Kadin kan jaringannya se-Indonesia,” ujarnya.

Terlebih, lanjut Dewa, melalui Kadin tersebut, pihaknya akan berusaha mengajak masyarakat untuk memanfaatkan peluang usaha-usaha dengan situasi dan kondisi terkini. “Apa yang dibutuhkan saat pandemi seperti ini kan banyak, usaha itu lah yang kita ciptakan,” katanya.

Termasuklah dalam upaya program digitalisasi yang digaungkan oleh Kadin pusat, dimana pelaku usaha, UMKM akan bisa memasarkan produknya melalui online seperti perusahan Unicorn yang ada di Indonesia.

“Intinya kita siap. Apalagi pelaku UMKM yang sudah melek teknologi maka akan kita link and match dengan Kadin. Kesiapan kita ini maksudnya melakukan pelatihan UMKM, mengakomodir UMKM dalam menjalankan roda ekonimi, bersinergis dengan pemerintah,” jelasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik