Singkawang, MC – Pengurus Kamar Dagang Indonesia (Kadin) kota Singkawang resmi dilantik. H Muhammad Guruh Ersia menjadi Ketua Kadin Singkawang periode 2021-2026. Pelantikan pengurus Kadin Singkawang ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua Umum Kadin Kalbar, H Joni Isnaini SH, M.Kn kepada Ketua Kadin Kota Singkawang H Muhammad Guru Ersia di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (27/11/2021).

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid meminta Kadin secara konsisten akan terus menjalin komunikasi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan serta menjalin kerjasama strategis untuk memajukan perekonomian nasional. “Kami berharap seluruh pengurus bisa turut menjadikan Kadin sebagai rumah kita bersama, Kadin yang inklusif dan kolaboratif,” ujarnya. 

Ia pun mengharapkan agar seluruh pengurus bisa bekerja sama, saling bahu membahu, melaksanakan kebijakan, juga program organisasi dengan penuh rasa tanggung jawab untuk kemajuan perekonomian bangsa.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Kalbar, H Joni Isnaini berharap dengan dilantiknya Kadin kota Singkawang periode masa bakti 2021-2026 dibawah kepempinan H Muhammad Guru Ersia dapat bersinergi dengan pemerintah kota Singkawang, UMKM, masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Pelantikan pengurus Kadin Kota Singkawang ini adalah yang daerah yang kelima di Kalbar yang siap menjalankan program “Pulihkan Kesehatan dan Pulihkan Ekonomi”. Sebelumnya Kadin Kalbar sudah melantik pengurus Kadin Kubu Raya, Kota Pontianak, Ketapang dan Sambas. Nantinya Kadin Kalbar akan roadshow melantik Kadin di Kabupaten Bengkayang, Sintang, Melawi dan Sanggau.

“Fokus Kadin saat ini adalah berperan aktif dalam upaya pemulihan ekonomi di tengah krisis ekonomi dan kesehatan dengan melakukan usaha kolaboratif dan improvasi dengan sektor usaha guna menggerakkan perekonomian masyarakat seperti pelaku usaha dan UMKM,” jelasnya.  Oleh sebab itu, Kadin Singkawang dibawah kepemimpinan Bang Dewa ini mampu bersinergis dengan Pemkot Singkawang berjuang tanpa lelah keluar dari krisis yang diakibatkan pandemik ini.

Bahkan Kadin Kalbar sudah bekerjasama dengan perusahaan provider agar dapat menjalankan program digitalisasi untuk mengasah kemampuan pelaku UMKM, penguatan usaha UMKM, pemasaran produk UMKM dengan sistem online. Sehingga pelaku usaha dan UMKM bisa terus berusaha di era digital saat ini. “Insya Allah program digitalisasi ini akan kita lakukan tahun 2022 mendatang. Dimana para pelaku usaha dan UMKM baik di Singkawang, Kalbar umumnya bisa berdagang online melalui starUp yang akan kita siapkan nantinya,” jelasnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik