Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-57, Poltekkes Kemenkes Pontianak bersama Anggota Komisi IX DPR RI dan Pemerintah kota Singkawang menggelar sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat di Kantor Wali Kota Singkawang, jumat (5/11/2021).

Sosialisasi ini mengangkat tema ‘Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19’,. 

Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak Didik Hariyadi mengatakan serangkaian dengan kegiatan sosialiasi ini akan digelar Gebyar Vaksinasi dan Gowes pada tanggal 6-7 November 2021.

“Acara ini terbuka untuk umum. Besok akan digelar Gebyar Vaksinasi di Kantor Wali Kota Singkawang dengan target sasaran sebanyak 1000 peserta. Kemudian, kegiatan Gowes atau bersepeda bersama akan dilakukan di hari berikutnya dengan jarak tempuh 20 kilometer. Untuk memeriahkan acara Gowes, akan ada doorprize bagi para peserta.” ujar Didik Hariyadi.

Sekertaris Daerah kota Singkawang Sumastro menyambut baik serangkaian kegiatan yang diinisiasi Poltekkes Kemenkes Pontianak. 

Ia berharap dengan adanya Gebyar Vaksinasi yang dilakukan di keesokan hari dapat meningkatkan cakupan vaksinasi dan mempercepat terbentuknya herd immunity di Kota Singkawang.

“Kita harap melalui sosialisasi ini, masyarakat semakin teredukasi dan menjadikan gerakan vaksinasi sebagai kebutuhan dalam melawan penyebaran Covid-19. Tidak ada solusi ataupun cara lainnya. Kemudian, untuk semakin memperlengkapi perlindungan terhadap penyebaran Covid-19 tetap menjalankan protokol kesehatan.” ujarnya.

“Kita harapkan sampai pada akhir tahun 2021 ini, cakupan vaksinasi kota SIngkawang sudah menembus 70 persen dari jumlah masyarakat kota Singkawang. Sehingga, terbentuklah herd immunity dan masyarakat dari luar kota Singkawang juga tidak takut lagi untuk berkunjung. Nah, Kota Singkawang ini adalah daerah tujuan wisata di Kalimantan Barat. Jadi, masyarakatnya harus immune dulu, sehingga wisatawan tidak ragu untuk berkunjung dan perekonomian kota Singkawang juga ikut pulih.” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan dan KB kota Singkawang dr. Alexander mengatakan cakupan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di kota Singkawang sudah mencapai 53 persen. Ia berharap dengan adanya Gebyar Vaksinasi di keesokan hari cakupan tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Per hari ini cakupan vaksinasi Covid-19 di kota Singkawang sudah mencapai 53 persen. Kalau ditambahkan dengan kegiatan vaksinasi yang diadakan besok dengan target 1000 orang, mungkin sudah bisa 55 persen. Dengan adanya peran serta masyarakat yang antusias, tidak menutup kemungkinan akhir tahun ini sudah tercapai 70 persen atau bahkan lebih.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik