Singkawang, MC – kehumasan Pemerintah Kota Singkawang yang digawangi Dinas Kominfo masuk ke dalam deretan enam pemerintah daerah terbaik kategori Website di ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2021. 

Nama Pemkot Singkawang bersama lima pemerintah daerah lainnya diumumkan dewan juri pada malam AMH yang digelar di Hotel Merusaka Bali, Kamis (4/11/2021).

AMH tahun ini mengangkat tema “Peran Humas Pemerintah Mewujudkan Indonesia Pulih, Indonesia Maju”.

Anugerah itu merupakan bentuk apresiasi atas hasil kerja humas pemerintah, terutama dalam penanganan isu COVID-19, dan dalam rangka menciptakan semangat berkompetisi untuk meningkatkan kualitas komunikasi publik pemerintah.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik, Usman oKansong mengatakan peran kehumasan dalam penanganan Covid-19 begitu besar. 

Dalam jangka pendek, Usman berharap untuk mencegah gelombang ke-3 pandemi Covid-19, humas di daerah harus peduli melakukan pencegahan dengan melakukan berbagai kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Memasang baliho, meminta untuk disiplin protokol kesehatan. Serta melibatkan peran tokoh masyarakat, tokoh agama toga untuk mengajak masyarakt menjaga protokol kesehatan,” ungkap Usman.

Sementara untuk jangka panjang, kta Usman kita semua harus beradaptasi dengan perubahan zaman. “Sekarang ini adalah era digital. Humas harus cakap digital dengan membuat konten-konten menarik, seperti grafis, meme, video. Yang kesemuanya berisikan ajakan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate mengharapkan ajang AMH ini dapat menjadi wadah untuk berkompetisi secara positif di antara insan humas pemerintah. 

“Terus semangat untuk para nominator dan insan humas pemerintah dalam menciptakan karya-karya kreatif Pranata Humas. Mari terus memanfaatkan kemajuan teknologi digital dalam praktik kehumasan menuju Indonesia makin digital, makin maju,” ujarnya. 

Pada AMH 2021 ini terdapat empat kategori media kehumasan yang diperlombakan, yaitu siaran pers (media online), media sosial, website, dan komunikasi publik. Kemudian pemenang masing-masing kategori dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu K/L, BUMN, BUMD, dan PTN; pemerintah provinsi; dan pemerintah kabupaten/kota. 

Selain itu terdapat juga kategori khusus Penyuluh Informasi Publik Terbaik yang diberikan kepada dua orang penyuluh informasi publik.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik