Singkawang, MC – Dalam rangka HUT Sumpah Pemuda, Persatuan Catur Seluruh Indonesia kota Singkawang menggelar Turnamen Catur Singkawang Cup tahun 2021 di pusat oleh-oleh dan jajanan,  Senin (8/11/2021).

Kegiatan tersebut dibuka Wakil Wali Kota Singkawang Irwan. Ia berharap ajang ini bisa kembali menyalurkan bakat para pecatur kota Singkawang yang sempat terpendam akibat pandemi Covid-19, khusunya dalam hal mencetak bibit-bibit pecatur kota Singkawang.

“Harapan kita melalui ajang ini bisa menghidupkan dan menyalurkan kembali bakat dan potensi dari para pecatur kota Singkawang. Khususnya dalam hal mencetak bibit baru yang berminat dalam olahraga catur ini.” ujarnya.

Irwan pun berkesempatan beradu kebolehan bermain catur dengan beberapa peserta. Salah satu peserta yang sempat beradu kebolehan dengan Wakil Wali Kota ini yaitu siswi di SMAN 2 Singkawang.

“Saya tidak menyangka dan sekaligus bangga. Saya kira catur ini hanya diminati dan merupakan salah satu hobi bagi kaum pria saja. Namun ternyata yang menjadi lawan main saya tadi masih terbilang muda dan seorang wanita. Nah, kami mengimbau kepada para pelajar lainnya untuk mencoba ajang catur ini karena memang mengasyikkan dan sekaligus mengasah kemampuan otak kita.” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Catur Singkawang Cup tahun 2021 Budi Helianto mengatakan peserta yang berpartisipasi pada turnamen ini berasal dari Singkawang, Bengkayang, dan Sambas. Mengusung slogan ‘GENS UNA SUMUS’, Ia menambahkan turnamen ini dimaksudkan untuk menguji mental para pecatur kota Singkawang dan mencetak bibit muda para pecatur kota Singkawang.

“Pada dasarnya, turnamen ini menjadi wadah silaturahmi bagi para pecatur kota Singkawang dan diikuti juga oleh beberapa peserta dari Bengkayang dan Sambas. Sejauh ini sudah ada 40 peserta yang terdaftar dengan total hadiah sebesar Rp7.250 juta. Selain peserta kategori umum, turnamen ini diikuti oleh peserta-peserta dari SLTP se-kota Singkawang.” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik