Singkawang, MC – Ratusan ASN di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang mengikuti apel gabungan yang digelar di halaman kantor Wali Kota, Senin (2/1/2023).

Bertindak sebagai pembina apel pagi Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro. Ia mengungkapkan apel ini menjadi titik awal untuk memulai segala bentuk program kerja yang telah disusun dan direncanakan, sebagai bentuk wujud pengabdian ASN demi kemajuan bangsa dan negara.

“Apel gabungan ini sudah menjadi suatu tradisi kita diawal tahun. Mari kita jadikan moment ini, sebagai titik awal, untuk memulai program kerja  yang telah disusun dan direncanakan, dan sekaligus sebagai wujud pengabdian kita kepada bangsa dan negara, khususnya Kota Singkawang yang tercinta ini,” ungkapnya.

Dalam arahnnya, Ia menyampaikan tiga point utama. Komitmen ASN sebagai abdi negara, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Singkawang, menjadi point pertama yang disampaikan. Ia menekankan kepada seluruh ASN di Pemerintahan Kota Singkawang, bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya. Demi mewujudkan Pemkot Singkawang yang lebih berdaya saing, lebih memiliki determinasi, kinerja yang terukur, dan berkontribusi bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.

“Demi Pemerintah Kota Singkawang yang lebih berdaya saing, lebih memiliki determinasi, lebih memiliki satu kinerja terukur, dan berkontribusi bagi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat, saya sangat berharap, jati diri dan komitmen kita sebagai Abdi Negara, harus direfleksikan secara sungguh – sungguh, sehingga kedepan, kita bisa membawa Singkawang menjadi Kota yang unggul,” katanya.

Ia meminta kepada seluruh jajarannya untuk berkoordinasi dengan baik dalam melaksanakan program kerja. Agar tidak terjadi penyerapan anggaran yang tidak sesuai rencana. Ia meminta agar seluruh jajarannya mengelola anggaran dengan sebaik – baiknya, yang sesuai dengan tata kelola keuangan.

“Prinsip koordinasi dan konsolidasi harus ada dalam setiap pelaksanaan program kerja yang telah disusun, oleh karena itu, saya meminta kepada seluruh jajaran, baik itu di OPD atau Unit Kerja, dapat mengelola anggaran sebaik –  baiknya, yang sesuai dengan tata kelola keuangan, agar tidak terjadi penyerapan anggaran yang tidak sesuai rencana,”tegasnya.

Ia pun berpesan, untuk meningkatkan koordinasi terkait pengawasan tata ruang. Mengingat Kota Singkawang meraih peringkat ketiga Kota tercepat dalam menghasilkan revisi Perda Tata Ruang Daerah di Kalimantan pasca penetapan Undang Undang Cipta Kerja. Oleh karena itu, ia mendorong percepatan terbitnya Perwako RDTR/RBPR.

“Untuk koordinasi di lapangan terkait pengawasan penataan ruang, saya berpesan untuk terus ditingkatkan, baik itu manajemen tata ruang maupun perwujudan tata ruang yang telah kita laksanakan sebelumnya. Karena Kota Singkawang merupakan Kota Peringkat ketiga dalam hal menghasilkan revisi Perda Tata Ruang Daerah di Kalimantan. Dan saya mendorong untuk mempercepat terbitnya Perwako RDTR/RBPR” pesannya.

Tak lupa, Sumastro mengingatkan kepada seluruh ASN untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan vitalitasnya. Karena kesehatan merupakan kunci penting untuk mewujudkan seluruh amanat yang ia sampaikan dalam apel pagi tersebut.

“Menajaga kesehatan, kebugaran, serta vitalitas, adalah hal penting untuk kita, dalam mewujudkan seluruh point – point yang saya sampaikan dalam apel pagi ini” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik