Singkawang, MC – Bertepatan dengan peringatan 1 Muharram Tahun Baru Islam 1445 H, warga Desa Mencong RT 009 Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur mengadakan syukuran atas pemasangan jaringan listrik desa di Masjid Al Fattah, Rabu (19/7/2023) malam. Syukuran ini turut dihadiri oleh PJ Wali Kota Singkawang Sumastro, Anggota DPRD, Kepala Kantor Kemenag, Kapolsek Singkawang Timur, Camat dan Lurah.

Sumastro mengatakan keberhasilan pemasangan jaringan listrik ini dinilai sebagai sebuah bentuk kemajuan yang diharapkan bersama. Langkah ini juga merupakan bagian dari hasil koordinasi Pemerintah dengan PLN

“Saya sangat berbahagia ketika melihat kampung ini sudah menunjukkan tanda-tanda untuk maju,” ungkapnya.

Sumastro menjelaskan, ketika merancang program aliran listrik masuk ke Mantoman, diketahui ternyata kawasan Mencong tercecer dari daftar yang ada. Sehingga agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial, Pemerintah Kota Singkawang langsung tanggap bersinergi dengan PLN memasukkan tiang-tiang secara bertahap dan dilakukanlah pengaliran arus listrik.

“Alhamdulillah sampai ke sambungan rumah. Ini berkat kerja sama dan sinergi pemerintah Kota Singkawang serta PLN. Ketika melihat ada kemajuan tentang listrik rasanya luar biasa. Saya sangat bahagia ketika program menambah jaringan ke Mencong disetujui PLN” ujarnya.

Sumastro menilai jaringan listrik menyangkut tentang keadilan dan hak seluruh masyarakat, ia tidak ingin ada masyarakat yang merasakan ketinggalan listrik.

“Masyarakat jangan sampai merasakan ketinggalan listrik. Kehidupan bertahun-tahun memakai genset merupakan sebuah ironi yang semestinya segera dituntaskan.” sahutnya.

“Kami datang ke sini dalam rombongan pemkot ingin ikut merasakan kebahagiaan. Kita doakan mudahan-mudahan kemajuan-kemajuan lain segera menyusul. Jalan-jalan tikus sudah mulai dibuka. Itulah bagian perjuangan kita bersama.” sambungnya.

Tak lupa juga, Sumastro mengingatkan jika masih ada tumpuk-tumpuk pemukiman yang belum terjangkau listrik harus segera dipetakan. Karena ini dilakukan sebagai upaya masif dalam mendorong program listrik menjangkau seluruh wilayah di Kota Singkawang.

Kemudian mengenai permintaan warga tentang lampu jalan, PJ Wali Kota Singkawang menanggapinya dengan positif. Beliau menilai sejatinya hal yang wajar jika masyarakat selalu mengharapkan yang lebih baik dan kewajiban pemerintah untuk memenuhinya.

“Semoga warga yang telah mendapatkan layanan listrik menjadi lebih sejahtera, bahagia, dan bersama-sama kita mewujudkan Singkawang yang lebih bahagia, dan makmur. Doakan di Singkawang jangan sampai ada kegaduhan-kegaduhan, karena kita kota tertoleran. Kalau damai, rukun, program akan mudah didorong pelaksanaannya,” pungkasnya.

Bid. IKP