Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang menggelar rapat koordinasi lintas sektoral membahas perkembangan pembangunan bandara Singkawang beserta jalan akses di Balairung kantor Wali Kota, Rabu (20/7/2022).

Rakor ini turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas RI, Kementerian Perhubungan RI, Kementerian PUPR RI, PT. Penjamin Infrastruktr Indonesia, Forkopimda dan perangkat daerah Kota Singkawang.

Wali Kota Tjhai Chui Mie menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan bandar udara Kota Singkawang. Ia mengatakan rancangan pembangunan bandara Singkawang ini sudah dilakukan semenjak otonomi daerah kira-kira 15 tahun yang lalu.

“Terimakasih atas kunjungan kerja bapak dan ibu sekalian. Tentu, kunjungan ini menjadi dukungan dan dorongan motivasi terhadap percepatan pembangunan bandar udara Kota Singkawang. Dimana, kemarin kita bersama-sama sudah mengunjungi lokasi dan akses jalan menuju bandara sehingga bisa melihat sejauh mana perkembangannya,” ujarnya.

Menurutnya dalam kurun waktu 4 (empat) tahun, Pemerintah Kota Singkawang terus berupaya pembangunan bandara beserta infrastruktur pendukung lainnya berjalan sesuai timeline. Pembangunan bandara beserta infrastruktur pendukung lainnya ditargetkan dapat diresmikan pada tahun 2024.

“Infrastruktur pendukung seperti PLN, air bersih, telekomunikasi dan akses jalan menuju bandara sudah kita rapatkan. Pesan dari Bappenas, kita harus menjaga sinergi dan komitmen kita bersama untuk membangun bandara Singkawang ini. Targetnya selesai dan bisa diresmikan pada tahun 2024,” ujarnya.

Meski beberapa tahun belakangan sempat terkendala pandemi Covid-19, Tjhai Chui Mie menyakinkan bahwa pembangunan bandara Singkawang masih sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Ia menambahkan Pemerintah Kota Singkawang berkomitmen akan bekerja sesuai dengan tanggung jawab ini.

“Kalau tidak pandemi Covid-19 mungkin tahun 2022 ini sudah bisa selesai. Tapi, ini masih tetap on-schedule. Kami akan bekerja sesuai dengan tanggung jawab kami masing-masing. Untuk itu, yakin dan percayalah pembangunan ini bisa dilaksanakan dan selesai sesuai rencana dan diresmikan tahun 2024 ini,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik