Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang menyelenggarakan lomba video pendek dengan tema edukasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diikuti oleh Puskesmas serta klinik se Kota Singkawang.

Lomba video ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diselenggarakan sejak bulan Oktober dan diumumkan pada tanggal 12 November 2022.

Adapun Juara I diraih UPT Singkawang Selatan I, Juara II diraih UPT Puskesmas Singkawang Barat 1, Juara III diraih UPT Puskesmas Singkawang Utara 2, dan Juara Harapan diraih UPT Puskesmas Singkawang Tengah 2.

Usai diumumkan sebagai Juara I, Kepala UPT Puskesmas Selatan l, Rini Okewati mengatakan bahwa video yang dibuat untuk mengedukasi masyarakat melaksanakan 7 langkah Germas dalam kehidupan sehari-hari.

” Dengan video pendek tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk menerapkan germas pada kehidupan sehari-hari. Baik dalam melakukan aktivitas fisik, konsumsi makan buah dan sayur, tidak merokok dan tidak minum alkohol, melakukan kesehatan secara berkala, menjaga kesehatan lingkungan, dan menggunakan jamban sehat dan lain sebagainya.” katanya, Sabtu (12/11/2022).

Lebih lanjut Rini sangat berterima kasih dan mengapresiasi Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang  yang telah menyelenggarakan lomba video, karena  dapat membantu pihaknya dalam memberikan pencerahan dan edukasi kepada masyarakat.

“Perlombaan ini menurut saya suatu langkah yang sangat bijak dan strategis dalam mewujudkan masyarakat yang sehat. Karena setelah selesai perlombaan tidak selesai disitu saja. Dari hasil video tersebut dapat disebarluaskan baik melalui media sosial maupun, ataupun diputar dalam setiap kesempatan, sehingga efektif sekali dalam memberikan pencerahan dan edukasi pada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu salah satu tenaga medis UPT Puskesmas Singkawan Selatan I, dr. Yuli Setyawati berharap video hasil perlombaan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Seperti sekolah-sekolah, organisasi kemasyarakatan, Organisasi Perangkat Daerah, TP. PKK dll untuk memberikan penyuluhan, sehingga Gerakan Masyarakat ini dapat diterapkan di semua lapisan, sehingga hasilnya akan terwujud masyarakat yang sehat melalui pola hidup yang sehat, karena mencegah lebih baik dari mengobati.” Harapnya.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yaitu Melakukan Aktivitas Fisik, Makan Buah dan Sayur, Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, Melakukan Cek Kesehatan Berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan, serta Menggunakan Jamban.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik

Dinas Komunikasi dan Informatika