Singkawang, MC – Usai menyerahkan anugerah konstitusi kepada Kota Singkawang sebagai Kota Konstitusi di Pontianak, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Prof. Dr. H Anwar Usman menyempatkan waktu untuk mengunjungi ke Kota Singkawang, pada Sabtu (12/11/2022).

Setibanya di Kota yang baru saja dinobatkan sebagai Kota Konstitusi, Anwar Usman dengan ditemani istri tercinta Idayati adik Presiden Jokowi, disambut langsung oleh Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie didamping Sekda Sumastro.

Di Kota Singkawang, Anwar Usman beserta rombongan langsung menuju ke salah satu kawasan wisata Rumah Marga Tjhia sekaligus mencicipi Choi Pan yang merupakan makanan khas tradisional Kota Singkawang.

Anwar Usman mengatakan makanan khas warga Kota Singkawang tersebut dirasa sangat enak dan lezat.

“Untuk makanannya baru pertama kali dirasakan, bukan lagi enak tapi sangat sangat enak,” ucapnya saat ditanya mengenai rasa makanan Choi Pan.

Selain itu, Dirinya juga merasa kagum terhadap keindahan pemandangan dan keramahan yang diberikan saat tiba di Kota Singkawang.

“Saya tidak dapat bayangkan, ternyata bisa seperti ini Singkawang. Luar biasa keindahan, keramahan yang saya nilai begitu masuk perbatasan Kota Singkawang begitu baik sambutannya.” pujinya.

Ia merasa cukup menyesal karena tidak sejak dulu medatangi Kota Singkawang. Ia hanya mengetahui sedikit tentang Kota Singkawang hanya melalui buku catatan dan laporan-laporan saat masih menjabat sebagai Kepala Biro Mahkamah Agung pada tahun 2002-2006 lalu.

“Dulu waktu Eselon 1 saya tahu Kota Singkawang tapi cuma dari buku dan laporan saja. Belum pernah kesini, tapi sekali sudah kesini, saya pikir cukup menyesal kenapa tidak dari dulu,” jelasnya.

Tidak lupa, dirinya juga memuji kinerja aparatur Kepolisian baik dari Satlantas Polda Kalimantan Barat hingga Satlantas Polres Kota Singkawang dalam melakukan pengawalan sehingga dapat menikmati kunjungan di Kota Singkawang dengan baik dan lancar.

“Wah pengawalan super luar biasa, Saya pantau sejak turun mulai dari Pontianak hingga sampai sini. Saya rasa bukan hanya pengawalannya yang baik tapi juga sopan santunnya.” pungkasnya.

Dalam kunjungan singkatnya di Kota Singkawang, selain menikmati makanan khas Choi Pan Anwar Usman beserta rombongan juga menyempatkan diri menyambangi salah satu ikon objek wisata ternama Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama di Resto Kampung Rawit Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik