Singkawang, MC – Sebanyak 109 Calon Jemaah Haji (CJH) Singkawang 2023, dilepas keberangkatannya oleh Pj. Wali Kota Singkawang di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (14/6/2023).

CJH Singkawang 2023, tergabung dalam kloter 26 dan 27 embarkasi Batam bersama Calon Jemaah Haji asal Pontianak, Mempawah, dan Sambas, dan akan berangkat ke Tanah Suci, Jumat (16/6/2023). Untuk 4 Calon Jemaah Haji tambahan yang tergabung dalam Kloter Nusantara Embarkasi Makassar, masih menunggu jadwal dari Kementrian Agama RI terkait jadwal keberangkatannya.

Kepada seluruh CJH, Pj. Wali Kota mendoakan, semoga selalu meraih tuntunan dan ridho Allah serta kekhusyukan dalam menjalankan ibadah. Ia juga mengatakan, ibadah Haji akan selalu menjadi catatan dalam perjalanan hidup seorang muslim.

“Semoga seluruh Calon Jemaah Haji Singkawang meraih tuntunan dan ridho Allah serta mendapatkan kekhusyukan dalam beribadah, dan ibadah Haji itu, akan selalu menjadi catatan dalam perjalan hidup umat Islam,” katanya.

Tak lupa Sumastro juga berpesan, agar jamaah memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, supaya tidak menganggu jalannya seluruh proses peribadatan haji.

“Disana, jangan sampai kurang istirahat, agar tidak terganggu seluruh ritual peribadatan hajinya,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, ia juga berbagi pengalamannya sewaktu melakukan ibadah haji, ia mengigatkan jamaah untuk tidak perlu khawatir memikirkan barang bawaannya, karena semua telah diurus dengan baik oleh pihak peneyelenggara haji.

“Jamaah tidak perlu khawatir memikirkan barang bawaanya, karena semua sudah diurus dengan baik oleh penyelenggara ibadah haji,” kisahnya.

Sementara itu, kepada awak media, Sumastro menyampaikan, dirinya akan turut berangkat ke Batam untuk mendampingi CJH Singkawang sebelum berangkat ke Tanah Suci, hal itu sebagai wujud perhatian Pemkot Singkawang kepada para jemaah.

“Insya Allah saya akan mengantar mereka sampai ke Batam,” ujarnya.

Terkait pemberian uang saku kepada Jamaah, ia menyebut hal itu telah diproses dan dalam tahap penyelesaian administrasi, dan ia berjanji uang tersebut akan dikirimkan melalui rekening setiap CJH, yang mungkin akan dilakukan pada saat menunaikan ibadah haji atau ketika mereka pulang ke Indonesia.

“Uang saku itu sudah diproses dan dalam tahap penyelesaian administrasi, dan itu akan dikirimkan ke rekening setiap jemaah, mungkin dikirim pada saat mereka menunaikan ibadah haji, atau bisa saja baru diberikan setelah mereka tiba di Tanah Air,” sebutnya.

Setelah dilepas oleh Pj. Wali Kota, seluruh CJH berangkat menuju Kota Pontianak, untuk berkumpul dengan CJH lainnya asal Kalimantan Barat di Hotel Orchad Pontianak.

Tahun ini, CJH Singkawang termuda berumur 32 tahun, dan tertua 80 tahun. Jumlah jemaah haji terbanyak berasal dari Kecamatan Singkawang Tengah 54 orang, dan paling sedikit berasal dari Singkawang Timur 2 orang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik