Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang Sumastro menghadiri Wisuda Sarjana Pendidikan ke-9 STKIP Singkawang Tahun Akademik 2022/2023 di Ballroom Hotel Swiss Bellin Singkawang, Sabtu (23/9/2023).

Pj Wali Kota mengucapkan selamat atas kelulusan dan gelar baru yang didapat Wisudawan/Wisudawati STKIP Singkawang tahun 2023.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Singkawang, dalam kesempatan ini ingin menyampaikan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati beserta orangtua dan keluarganya. Bahwa hari ini adalah hari bersejarah untuk kalian yang juga akan memasuki dunia nyata untuk memberikan kaya dan kontribusi bagi kecerdasan kehidupan bangsa di bidang kependidikan.” ucapnya.

Sumastro berharap STKIP Singkawang dapat selalu menjadi salah satu tonggak dalam melahirkan SDM pendidikan yang mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan khususnya di Kota Singkawang.

“Saya menaruh harapan semoga STKIP Singkawang kedepannya semakin mendapat tempat dan menjadi pilihan masyarakat untuk melanjutkan sekolahnya. Dan keberadaan STKIP Singkawang ini adalah menjadi bagian yang dapat diistilahkan sebagai dapur yang mampu menggodok SDM pendidikan yang cerdas dan berdaya saing.” tuturnya.

Tak lupa, Sumastro berpesan kepada seluruh Wisudawan dan Wisudawati untuk dapat senantiasa mengembangkan capaian-capaian baik selama perkuliahan, mampu meneruskannya dan membawa dampak baik khususnya dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia dan pendidikan di Kota Singkawang.

“Saya berharap, apa yang telah menjadi capaian-capaian di STKIP ini akan terus dijadikan sebagai suatu tradisi dan praktik yang baik agar dapat saudara kembangkan di dalam pengabdian nanti.” pesannya.

Sementara itu, Ketua STKIP Singkawang Andi Mursidi mengatakan sebanyak 177 Wisudawan/Wisudawati Sarjana Pendidikan yang di Wisuda pada edisi ke 9 tahun 2023 ini.

Ia menambahkan, 177 Wisudawan/Wisudawati tersebut didominasi oleh Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 130 orang, lau 19 orang Sarjana Pendidikan Matematika, 4 orang Sarjana Pendidikan Fisika, 7 Orang Pendidikan Bimbingan Konseling, dan 17 orang Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Dari 177 Wisudawan dan Wisudawati yang pada hari ini di wisuda, 126 orang diantaranya lulus dengan predikat Cumlaude. Dan saya dengan bangga hati mengatakan telah ada kurang lebih 63 lulusan dari STKIP Singkawang yang lolos tes PPPK Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang. Itu menandakan Lulusan STKIP juga mampu bersaing dengan yang lainnya.” katanya.

Ia berharap, semoga di masa mendatang akan semakin lebih banyak lagi lulusan STKIP Singkawang yang mampu berkontribusi nyata bagi peningkatan mutu pendidikan khususnya di Kota Singkawang.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, tahun ini mungkin akan menjadi tahun terakhir wisuda STKIP. Karena tahun depan rencananya STKIP Singkawang akan bertransformasi menjadi Institut Sains dan Bisnis Internasional (ISBI).

“Mungkin wisuda ke 9 tahun ini akan jadi yang terakhir untuk STKIP Singkawang. Karena rencananya mulai tahun depan akan bertransformasi menjadi ISBI. Dan itulah komitmen kita bersama, yang semoga semuanya kedepan semakin menjadi lebih baik lagi.” jelasnya.

Bid. IKP