Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Singkawang menggelar Sosialisasi Pengelolaan Data Geospasial di TCM Room Kantor Wali Kota Singkawang, Senin (26/6/2023).

Sosialisasi Pengolahan Data Geospasial ini bertujuan untuk membuka wawasan bersama terutama para PIC Satu Data Kota Singkawang terkait pemahaman tentang data statistik yang berhubungan dengan Geospasial dan pengelolaannya dengan menghadirkan pemateri dari Universitas Tanjungpura Pontianak, Ketua Pusat Studi Pengembangan Informasi Geospasial LPPKM Heri Priyanto.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kota Singkawang Evan Ernanda mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada Bapak Heri Priyanto yang telah bersedia hadir menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Data Geospasial di Kota Singkawang.

Evan Ernanda mengatakan dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dapat diartikan sebagai data tentang objek yang meliputi lokasi geografis, dimensi ukuran dan karakteristik baik yang alami ataupun hasil rekayasa yang berada di permukaan bumi.

“Sederhananya Data Geospasial dapat diartikan sebagai data tentang objek yang dapat meliputi lokasi geografis, dimensi atau ukuran dan karakteristik, baik yang  alami ataupun hasil  rekayasa yang berada di bawah, pada atau di atas permukaan bumi.” katanya.

Evan menjelaskan, data Geospasial ini kemudian dapat diolah sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan atau pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan ruang kebumian. Selain itu juga dapat dipergunakan dalam pengelolaan berbagai potensi yang dimiliki suatu daerah seperti sumber daya alam, wisata, bahkan mampu diperlukan dalam penanggulangan bencana.

“Informasi Geospasial ini kemudian dibagipakaikan atau disebarluaskan melalui suatu jaringan yang dikenal dengan Jaringan Informasi Geospasial, yang dibangun dari simpul-simpul jaringan yang ada ditingkat daerah hingga pusat. Sehingga diharapkan membantu Pemerintah Daerah sebagai alat bantu dalam perumusan kebijakan, pengambilan keputusan atau pelaksanaan kegiatan dan lain sebagainya.” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia berharap kegiatan sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan dimanfaatkan semaksimal mungkit guna menghasilkan informasi dan edukasi Geospasial yang bermutu.

“Kami sadari kegiatan ini merupakan langkah awal yang masih perlu ditindaklanjuti dengan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya untuk dapat menghasilkan informasi geospasial yang bermutu dan bermanfaat. Semoga sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar dan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh kita semua.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik