Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang Sumastro membuka kegiatan Kampanye Stunting Tahun 2023 di Aula Kantor Kecamatan Singkawang Timur, Rabu (25/1/2023).

Kegiatan Kampanye tersebut mengangkat tema Kampanye Stunting Dalam Upaya Percepatan Penurunan Prevalensi Stunting Melalui Dapur Sehat Atasi Stunting (DAHSAT) Dan Pusat Penyuluhan Keluarga Sejahtera (PPKS).

Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan Pemerintah Kota Singkawang sangat serius dalam mengikuti arahan Presiden dalam hal mengupayakan penurunan stunting. Untuk itu kampanye ini haruslah menjadi momentum baik kita bersama dalam pelaksanaan percepatan penurunan prevalensi strunting di Kota Singkawang.

“Pemerintah Kota Singkawang sangatlah menseriusi arahan Bapak Presiden Jokowi terkait penurunan Stunting. Sehingga tema yang diambil dalam kegiatan ini harus dapat kita maknai dengan baik dan menjadi penyemangat dalam pelaksanaan percepatan penurunan prevalensi strunting di Kota Singkawang.” katanya.

Sumastro menyampaikan terdapat 6 (enam) perilaku utama pencegah stunting yang menjadi fokus pesan pada kampanye ini, diantaranya Ibu hamil mengkonsumsi tablet tambah darah (TTD), Pemberian Makanan Bayi dan Anak (PMBA), mengunjungi posyandu secara rutin untuk memantau tumbuh kembang anak, penggunaan jamban sehat dan cuci tangan pakai sabun.

“Dan diantara perilaku utama pencegahan stunting tersebut, yang paling penting adalah stunting dicegah sejak seorang ibu memutuskan untuk memiliki anak atau hamil bukan ketika anak itu sudah lahir itu salah. Jadi dijaga sekali nutrisinya sampai lahirnya pun makanan anak harus yang bergizi cukup.” lanjutnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan upaya percepatan penurunan prevalensi stunting memerlukan komitmen yang kuat dari semua pihak. Maka dari itu Ia berpesan agar komitmen ini dijaga dan dibuktikan pelaksanaannya di daerah mulai dari tingkat kelurahan.

“Komitmen ini harus kita jaga bersama dan kita buktikan pelaksanaannya, mulai dari kelurahan bisa mengupayakan penyuluhan Keluarga sejahtera. Sehingga kita dapat optimis, anak-anak yang lahir di masa mendatang menjadi anak yang sehat dan cerdas.” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan dan KB Alexander menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan ini sekaligus dalam rangka peluncuran 5 (lima) DAHSAT di Kota Singkawang yaitu di Kelurahan Mayasopa untuk Kec. Singkawang Timur, Kuala untuk Kec. Singkawang Barat, Sagatani untuk Kec. Singkawang Selatan, Semelagi Kecil untuk Kec. Singkawang Utara dan Sekip Lama untuk Kec. Singkawang Tengah.

Kemudian juga peluncuran 3 (tiga) PPKS di balai penyuluhan KB Kecamatan Singkawang Utara, Singkawang Selatan dan Kecamatan Singkawang Timur.

“Kampanye stunting ini sekaligus dalam rangka launching 5 DAHSAT yang telah terbentuk di masing-masing kecamatan serta launching 3 PPKS yang ada di balai penyuluhan KB Singkawang Utara, Singkawang Selatan dan Kecamatan Singkawang Timur.” ucapnya.

Ia menambahkan, pada kampanye stunting kali ini juga akan dilaksanakan kegiatan pelayanan KB, pemberian 16 paket Makanan Tambahan bagi Ibu Hamil, Balita dan Remaja Putri, pemberian Alat Ukur Bayi Digital sebanyak 78 buah untuk posyandu, serta kunjungan ke rumah keluarga yang mengalami stunting.

“Harapannya semoga segala upaya yang dilakukan oleh Pemerintah dapat berjalan maksimal dalam mensukseskan percepatan penurunan prevalensi stunting di Kota Singkawang”. tutupnya.

Kegiatan dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama sebagai bukti nyata dalam upaya percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik