Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengikuti secara virtual Rapat Koordinasi Inspektur Daerah Seluruh Indonesia 2023 yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian di TCM Room, Rabu (25/1/2023).

Pada kegiatan ini dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Kementerian Dalam Negeri, Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia tentang kerjasama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam Penanganan Pengaduan dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Selain itu, dilakukan juga beberapa kegiatan lainnya, yaitu peluncuran aplikasi LAPOR APIP dan penandatangan perjanjian kerjasama terkait pengawasan kesinergian bantuan operasional sekolah (BOS), kesinergian pengawasan dana alokasi khusus bidang kesehatan, serta kesinergian pengawasan dana alokasi khusus Keluarga Berencana (KB).

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro menyambut baik dengan berkomitmen pihaknya akan memperkuat koordinasi dengan peranan APIP dan APH yang mewujudkan pemerintah yang bersih dan transparan.

“Kita memang akan memperkuat koordinasi antara peran APIP dan peran APH dimana selama ini sudah berjalan di bawah suatu MoU atau perjanjian kerjasama. Kita berharap dengan kerjasama ini, maka tekanan tingkat-tingkat penyimpangan bisa dikendalikan,” ujarnya.

Ia pun berharap dan mendorong setiap perangkat daerah di Kota Singkawang dapat berkonsultasi seputar penyelenggaraan pemerintah daerah dengan APIP dan APH demi mendapatkan pendapat hukum (legal opinion) yang dibutuhkan.

“Harapan saya, hal ini bisa mengarahkan kepada Good Governance, kemudian tata kelola penyelenggaraan Pemerintah Daerah ke arah yang lebih baik, penatausahaan keuangan yang lebih cermat. Saya juga harapkan seluruh OPD berkonsultasi dengan APIP dan APH untuk mendapatkan legal opinion dan pertimbangan hukum. Sehingga segala sesuatunya berada dalam koridor yang bersifat Clean and Clear,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik