Singkawang, MC – Wali Kota Singkawang beserta wakil dan Forkopimda kota Singkawang mengikuti upacara detik-detik proklamasi dalam rangka memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Istana Negara secara virtual di Balairung Kantor Walikota Singkawang, Selasa (17/8/2021). Upacara dilaksanakan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berlangsung di istana negara ditandai dengan penekanan sirine dan tembakan kehormatan sebanyak 17 kali serta pembacaan teks proklamasi dibacakan oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani.

Tepat pukul 10.17 WIB, selama 3 menit masyarakat Indonesia diajak untuk menghentikan aktivitas sejenak dan melakukan penghormatan dengan sikap sempurna seraya bendera Merah Putih dikibarkan.

Setelah bendera Merah Putih dikibarkan, aksi Fly Pass pesawat tempur dan helikopter TNI AU turut semarakkan peringatan detik-detik proklamasi di HUT ke-76 RI. Formasi aero-head dibentuk oleh delapan pesawat tempur F16 Fighting Falcon TNI AU melintas di atas Istana Merdeka. Sedangkan, enam helikopter nusantara flight dengan formasi giant flight membawa bendera raksasa Merah Putih berukuran 20×30 meter.

Sementara, tepat pukul 17.00 WIB, upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Negara dilaksanakan. Sekretaris Daerah Kota Singkawang bersama Forkopimda ikut menghadiri secara virtual di balairung. Bertepatan pula dengan upacara penurunan bendera di halaman kantor Wali Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik