Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro melepas keberangkatan para atlet Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) di Basement Kantor Wali Kota, Selasa (13/6/2023). Kota Singkawang mengutus 30 atlet yang akan bertanding mulai tanggal 15 Juni 2023 di GOR Pangsuma Pontianak.

“Saya sangat antusias dan berharap seluruh atlet akan meraih prestasi di ajang ini. Kalau berprestasi, tentu akan diperhatikan. Kalaupun tidak, teruslah asah kemampuan dan keterampilan untuk menjadi sang juara,” ujarnya.

Sumastro paham betul bahwa seorang atlet harus dibekali dengan mental yang kuat agar dapat memberikan pertandingan yang baik. Ia pun berpesan agar para atlet dapat menjaga kondisi dan performa yang prima saat bertanding.

“Sebelum bertanding, jangan tidur larut malam supaya tidak mengganggu performa nantinya. Tentunya, kita mau para atlet ini dapat memberikan performa yang terbaik. Kedepannya prestasi ini akan menjadi nilai tambah dan bentuk rekomendasi bagi mereka. Karena biasanya ada jalur prestasi atlet yang berprestasi meskipun tidak selalu dibuka,” tambahnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang Heri Apriyadi mengatakan ada 10 cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan pada tahun 2023 ini. Diantaranya, Atletik, Karate, Renang, Panahan (Archery), Taekwondo, Wushu, Kempo, Balap Sepeda, Panjat Tebing dan Angkat Besi.

“Dari 10 cabor yang dipertandingkan, Kontingen POPDA Kota Singkawang hanya mengikuti 7 cabor saja, yaitu Atletik, Karate, Panahan (Archery), Taekwondo, Kempo, Balap Sepeda, dan Panjat Tebing. Tiga cabor lainnya belum bisa diikuti karena cabor Angkat Besi belum dibentuk di Kota Singkawang. Sedangkan cabor Renang dan Wushu, atletnya belum tersedia,” ujarnya.

Heri menambahkan pada POPDA kali ini kontingen kota singkawang menargetkan membawa pulang 19 medali. Perolehan medali emas ini tentunya akan menjadi tolak ukur dan pemicu perkembangan kemajuan kemampuan para atlet di Kota Singkawang.

“Target yang ingin dicapai oleh Kontingen Kota Singkawang yaitu 6 medali emas, 6 medali perak dan 7 medali perunggu. Dengan harapan, kita bisa mendekati 10 besar sebagaimana pengalaman Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022,” tutupnya.

Bid. IKP