Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro meletakkan Batu Pertama Renovasi Masjid Al-Hikmah di Kelurahan Pasiran, Kamis (3/8/2023). Turut hadir pula Kepala Kantor Kemenag, Ketua MUI dan pengurus Masjid Al Hikmah.

Mengingat letak masjid yang juga berdampingan dengan masyarakat non Muslim, kepada Pengurus, Sumastro berpesan untuk selalu menjaga nilai-nilai harmonisasi, kerukunan dan persaudaraan sebagai sesama warga bangsa Indonesia.

Dengan menerapkan konsep moderasi beragama yang mengedapankan sikap tenggang rasa dan saling menghormati satu sama lain, Ia meyakini predikat sebagai Kota Tertoleran akan dapat terus dipertahankan.

“Saya minta nilai-nilai harmonisasi, kerukunan dan persaudaraan kita dengan pemeluk agama lain dijaga sebaik-baiknya,” pintanya.

“Dengan menerapkan konsep moderasi beragama yang selalu mengedepankan nilai tenggang rasa dan saling menghormati, saya yakin predikat Kota Tertoleran akan terus bisa kita pertahankan,” ujarnya.

Sebagai seorang muslim, melaksanakan ibadah kepada Allah SWT merupakan sebuah kewajiban yang tidak dapat ditawar-tawar lagi.

Iamenekankan bahwa hubungan manusia tidak hanya kepada Tuhannya, namun hubungan baik dengan manusia termasuk kepada warga non muslim merupakan bagian dari perintah Tuhan yang harus juga ditaati.

“Intinya, kita harus tetap melaksanakan ibadah kita kepada Allah SWT, tetapi hubungan baik kita kepada sesama manusia termasuk orang non muslim dengan menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan empati kepada mereka, itu kan juga perintah Allah SWT dan harus juga kita laksanakan,” katanya.

“Kita beragama, tapi juga harus memikirkan pemeluk agama lain, karena itu adalah bagian dari Hak Asasi Manusia,” tambahnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan nilai-nilai toleransi di lingkungan sekitar Masjid, Sumastro menyerahkan sepenuhnya kepada tokoh agama dan pengurus masjid untuk mempertimbangkan segala hal-hal teknis pelaksanaannya.

“Mengenai hal-hal terkait teknis pelaksanaan nilai-nilai toleransi di sekitar sini, saya serahkan semuanya kepada tokoh agama dan pengurus masjid untuk mempertimbangkannya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Hikmah, Rindar mengajak masyarakat untuk terlibat baik dana maupun tenaga dalam menyelesaikan pembangunan Masjid yang ditargetkan selesai akhir 2024.

“Saya mengajak kepada warga masyarakat yang ingin beramal jariyah, baik dana maupun tenaga dalam pembangunan masjid ini yang kami tergetkan selesai akhir 2024,” ajaknya.

Bid. IKP