Singkawang, MC – Ratusan mobil berhias ornamen Islam mengikuti Pawai Takbir yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Singkawang, Selasa (9/4/2024).

Pawai takbir dilepas resmi Pj. Wali Kota, Sumastro bersama forkopimda, Kepala Kantor Kemenang dan Ketua PHBI di Masjid Raya Singkawang.

Pj Wali Kota Sumastro mengatakan pawai takbir tradisi rutin menyambut 1 Syawal tersebut sebagai ekspresi kebahagian umat muslim Kota Singkawang yang merupakan kota tertoleran di Indonesia.

“Kita harus teruskan tradisi yang tak terputus ini dalam rangka menyambut Idul fitri 1 Syawal 1445 H. Dan saya ingin menyampaikan bahwa dukungan serta kemeriahan ini adalah bentuk ekspresi kita sebagai warga kota Tertoleran di Indonesia,” kata Pj Wali Kota.

Ia mengungkapkan Singkawang sebagai role model dalam menjaga toleransi dan kerukunan sebagai bangsa yang diciptakan beragam oleh Tuhan Yang Maha Esa.

“Singkawang adalah percontohan/role model dalam menjaga toleransi dan kerukunan kita sebagai bangsa yang ditakdirkan heterogen dengan beragam suku, budaya dan agama,” kata Sumastro.

Tak lupa, Ia mengucapkan apresiasi kepada PHBI yang telah memprogram kegiatan bernuansa semangat islami serta ucapan terima kasih kepada TNI/Polri atas kerja kerasnya menjaga keamanan dan kondusifitas di Kota Singkawang.

Sementara, Ketua PHBI Singkawang, H. Ruslan Karim menyampaikan lomba mobil hias pawai takbir tersebut memperebutkan dengan total hadiah Rp16,5 juta dengan kategori juara 1 sampai 3 dan juara harapan 1 sampai dengan 3.

Dengan mengundang seluruh elemen masyarakat muslim di Singkawang, pihaknya berharap kebahagian di malam takbir bisa melengkapi nilai-nilai ketakwaan kepada Allah SWT.

“Kita telah mengundang seluruh elemen masyarakat muslim Singkawang dalam menyambut Idul fitri 1 Syawal 1445 H. Dan kami berharap kegembiraan ini dapat melengakpai ketakwaan kita kepada Allah SWT, dimana taqwa itu adalah buah dari kita berpuasa,” ucap Ketua PHBI.

Bid. IKP