Singkawang, MC – Puncak perayaan Hari Jadi Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Singkawang yang digelar di kantor Perumda, Sabtu (14/10/2023) berlangsung meriah.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Pj Wali Kota Singkawang, Forkopimda, Pj Sekda, OPD, Ketua Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) Kalimantan Barat, Pimpinan PDAM Se-Kalimantan Barat serta Direktur Perumda AMGP dan jajarannya.

Pj. Wali Kota Sumastro berharap melalui acara Hari Jadi Perumda Air Minum Gunung Poteng dapat menjalin kebersamaan yang diisi dengan gagasan dan pikiran untuk kemajuan dan langkah kerja yang tepat untuk kedepannya.

“Ketika Perumdam berhadapan dengan kondisi Kota Singkawang yang sangat memerlukan air bersih, maka dari itu saya dan para stekholder terkait berupaya terus mencari solusi dalam rangka memberikan kepuasan yang maksimal ke pelanggan,” katanya.

Ia mengatakan Pemerintah Kota Singkawang berencana akan meningkatkan kapasitas instalasi pengolahan air (IPA) sehingga kedepannya bisa menjawab gate kebutuhan dengan penyediaan air bersih sesuai kemampuan Perumda Air Minum Gunung Poteng (AMGP) Singkawang.

“Berdasarkan realtime, kita harus bisa menyiapkan kapasitas IPA sebesar 450 liter per detik. Sementara yang ada saat ini baru ada sekitar 330 liter per detik. Maka gate inilah yang harus kita penuhi,” katanya.

Apalagi saat ini hingga tren kedepan, sektor-sektor perumahan yang komersial dari menengah ke atas tentunya akan aemakin banyak. Yang tentu salah satu ukuran pengembang adalah ketersediaan fasilitas air bersih.

Jika tidak ditambah kapasitas IPA nya, maka akan menjadi kelemahan pelayanan bagi Pemkot Singkawang.

“Maka langkah kerjanya adalah bagaimana kita meningkatkan kapasitas IPA Perumda AMGP Singkawang yang ada sambil mencari INTAKE yang baru,” ujarnya.

Pj Wali Kota juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan Perumda AMGP dalam kepatuhan membayar rekening air tepat waktu.

“Dalam kesempatan ini saya mendeklarasikan terima kasih pada planggan setia PDAM Gunung Poteng, tanpa pelanggan setia yang disipln dan menghargai jasa yang kita berikan tidak mungkin Perumdam. Untuk interaksi dengan pelanggan, saya minta ada Hari Pelanggan pada perjalanan semester pertama masuk ke semester kedua,  minimal ada 2 kali interaksi dalam setahun yaitu pada Hari Ulang Tahun dan pada Hari Pelanggan karena pelanggan adalah raja , tanpa mereka yang menghargai, kita tdak ada arti apa-apa,” ujarnya.

Sementara Direktur Perumda AMGP Singkawang, Suriandi mengatakan, hingga Agustus 2023 jumlah pelanggan Perumda AMGP Singkawang sudah mencapai 23.741 pelanggan.

“Sementara ini, untuk pendaftar pelanggan baru terpaksa harus di hentikan, karena sudah tidak ada lagi air bersih yang mau di distribusikan,” katanya.

Pihaknya berkomitmen bagaimana meningkatkan sumber air baku yang bisa diolah di IPA 1 dan 2. Karena sumbernya baru di Tirtayasa dan Hangmuy.

“Jika memasuki musim kemarau, dua sumber air baku tersebut akan kering, sehingga tidak ada air yang bisa di olah. Sehingga kedepannya, Pemkot Singkawang harus membangun INTAKE dan IPA,” ujarnya.

Bid. IKP