Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang, Sumastro didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR meninjau langsung progres pembangunan Jalan Akses Masuk dan Terminal Bandara Singkawang, Sabtu (14/10/2023).

“Seperti yang kita lihat sekarang ini, progres akses jalan masuk Bandara dari hari ke hari terus mengalami peningkatan,” ucapnya.

Kehadiran akses jalan masuk tersebut, menandakan bahwa Kota Singkawang sudah siap untuk melangkah ke arah yang lebih maju.

Oleh sebab itu, Sumastro berharap jika ada permasalahan terkait sengketa lahan, agar diselesaikan sesuai perundang-undangan yang berlaku, tanpa harus menghambat proses pengerjaan, karena pekerjaan tersebut dilakukan demi kemajuan Kota Singkawang dan sekitarnya.

“Pelaksanaan pekerjaan ini dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, artinya pengerjaan jalan masuk bandara ini tidak boleh diganggu apalagi dihentikan, kalau ada masalah terkait lahan dan lainnya, saya harap selesaikan semua itu sesuai jalur hukum yang berlaku, tapi tetap tidak boleh sampai menghambat keberlanjutan pengerjaannya,” harapnya.

Terkait pembangunan Terminal Penumpang Bandara Singkawang, Ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada donatur yang memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap kemajuan Kota Singkawang, sehingga progres pembangunan Terminal Pemumpang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Ditambah lagi dengan adanya penambahan panjang runway dari 1400 meter menjadi 2000 meter, Ia berharap Bandara Singkawang dapat melayani penerbangan bagi pesawat berbasis mesin turbo jet, sekelas Airbus 320.

“Selain pembangunan Terminal Penumpang yang direncanakan seluas 8000 m2, sekarang juga lagi ada pengerjaan penambahan runway, dari 1400 m menjadi 2000 m, yang kita harapkan dengan penambahan runway ini, Bandara Singkawang bisa melayani penerbangan pesawat berbasis mesin turbo jet sekelas Airbus 320,” harapnya.

Dengan didukung infrastruktur Bandara yang mumpuni serta rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Provinsi Kalimantan Timur, besar kemungkinan, Bandara Singkawang tidak hanya melayani rute Singkawang-Jakarta atau sebaliknya, namun juga akan siap melayani penerbangan dari dan menuju IKN.

Bid. IKP