Singkawang, MC – Proses pendirian Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) di Kota Singkawang terus dilanjutkan. Hal ini ditandai dengan kedatangan rombongan Direktorat Kelembagaan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Tim Evaluator Program di Kota Singkawang untuk melakukan visitasi kesiapan Pemkot Singkawang dan Polnep, pada Kamis (16/11/2023) di rumah jabatan Wali Kota Singkawang.

Pada kesempatan kali ini, Tim Visitasi dan Evaluator hadir untuk melihat kelayakan lokasi bangunan calon kampus yang akan didirikan yakni tepatnya di Jalan Alianyang Komplek SMPN 5 Singkawang.

Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengungkapkan kerjasama Pemerintah Kota Singkawang dan Polnep telah berjalan sejak tahun 2021, hal ini dibuktikan dengan dikeluarkannya Perda Kota Singkawang No 5 Tahun 2021 tentang dukungan terhadap pendirian dan penyelenggaraan PSDKU.

“Dulu mulai dari Akademi Komunitas, sempat vakum dan sekarang Pemkot Singkawang telah sepakat untuk mendukung pendirian PSDKU Polnep ini, dan sudah ada Perdanya yang semoga dengan perda ini pendiriannya dapat dikawal dengan baik.” tuturnya.

Sumastro menyampaikan, keberadaan PSDKU Polnep ini nantinya semoga mampu berkontribusi dalam peningkatan nilai Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) untuk Kota Singkawang.

“Jika hasil visitasi dan evaluasi dari Tim berjalan lancar dan baik, semoga dengan adanya kampus Polnep di Singkawang ini mampu meningkatkan nilai IPM terlebih Singkawang masih kalah dari IPM Pontianak.” ungkapnya.

Sumastro berharap semoga melalui Program Studi yang dihadirkan dapat melahirkan SDM yang berkualitas dan semakin memajukan Kota Singkawang.

“PSDKU ini tentunya memberikan kemudahan akses pendidikan terutama pendidikan tinggi vokasi bagi masyarakat Singkawang. Mengingat potensi Kota Singkawang yang sangat besar sebagai Kota Jasa terlebih akan adanya bandara semoga diberbagai sektor dapat terbantukan dengan SDM dari kampus Polnep Singkawang.” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, M. Toasin Asha mewakili Direktur Utama Polnep mengatakan pada PSDKU Polnep Kota Singkawang ini rencananya akan membuka tiga Program Studi diantaranya D3 Prodi Teknik Informatika, D4 Prodi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dan D3 Prodi Administrasi Bisnis.

“Akan dibuka tiga Prodi, yakni Prodi Teknik Informatika, Prodi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan dan Prodi Administrasi Bisnis. Semoga nanti seberjalannya PSDKU ini akan kita tingkatkan juga akreditasinya sehingga harapannya bisa seperti di Kampus Utama.” jelasnya.

Tak lupa, Toasin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Singkawang yang telah memberikan dukungan terhadap pendirikan PSDKU Polnep di Kota Singkawang. Ia berharap visitasi dan evaluasi ini dapat berjalan lancar dan memperoleh hasil yang positif sehingga pendirian PSDKU dapat segera terlaksana.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kota Singkawang atas komitmen dan dukungannya untuk pendirian PSDKU Polnep kampus Singkawang. Semoga visitasi ini memperoleh hasil yang baik dan berjalan lancar.” tutupnya