Singkawang, MC – Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) yang berkualitas merupakan salah satu kunci penting pembangunan sumber daya manusia sejak usia dini. Sesuai dengan Perpres Nomor 60 Tahun 2013, Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi.

Untuk itu TP. PKK Provinsi Kalimantan Barat memberikan dukungan dan menjadikan sebagai salah satu program prioritas pada Tahun 2021 yaitu dengan memberikan bantuan sarana bermain dan edukasi PAUD Holistik Integratif  kepada Kabupaten/Kota, satu diantaranya Kota Singkawang.

Penyampaian bantuan diberikan Ketua TP PKK Provinsi Kalbar Lismaryani saat menghadiri dan sekaligus membuka acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke IX TP PKK Kota Singkawang di Balairung kantor Wali Kota, Selasa (14/9/2021).

Lismaryani mengharapkan agar TP PKK Kota Singkawang selalu menjaga dan melaksanakan komitmen untuk berkontribusi dalam upaya mewujudkan Indonesia maju melalui gerakan nasional keluarga pelopor perubahan dengan sasaran strategis yaitu menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting serta memutus rantai penyebaran covid-19.

“Kami memberikan apresiasi  kepada TP.PKK Kota Singkawang yang  telah menunjukkan kinerjanya dengan baik melalui pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di semua jenjang dari tingkat dasawisma sampai dengan kota, selalu jaga semangat dalam  mengabdi, karena gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Pada masa pandemi covid-19 ini, dalam pantauan kami TP.PKK Kota Singkawang dan para kader PKK telah berkontribusi melalui  bekerja sama dengan berbagai pihak melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) serta 3 T (testing, tracking, dan treatment)” ujarnya.

Sementara, ketua TP.PKK Kota Singkawang menyambut baik bantuan yang diberikan dan akan menindaklanjuti dengan mensinergikan pelaksanaan Program dan Kegiatan  secara maksimal.

“Ada lima indikator dalam Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini secara Holistik-Integratif yang terdiri dari pendidikan, pemeriksaan kesehatan, program makan tambahan, koordinasi posyandu, serta deteksi tumbuh kembang anak. Untuk itu kami akan memaksimalkan pelaksanaan  10 Program Pokok PKK agar dapat bersinergi dalam mewujudkan lima indicator tersebut” ungkap Juli.

Juli menambahkan bahwa keberhasilan penerapan strategi PAUD-HI bagi semua anak tanpa kecuali tidak terlepas dari komitmen yang kuat dari semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Untuk hal tersebut diharapkan semua pihak dapat bersatu padu dalam mewujudkan masyarakat yang berkualitas diawali dari usia dini.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik