Singkawang MC – Pj Wali Kota Singkawang melakukan monitoring melalui Rapat Kerja Bersama Kepala Dinas Penanaman Modal dan Tenaga Kerja (DPMTK) beserta Jajaran di Ruang Rapat Kantor DPMTK, Senin (13/2/2022).

Kegiatan tersebut sebagai wujud perhatian Pj Wali Kota dengan melakukan Roadshow ke dinas-dinas di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang dalam upaya meninjau dan meningkatkan kinerja pelayanan publik dari dinas terkait.

Pj Wali Kota Sumastro menegaskan harus selalu dilakukan percepatan untuk segala hal berkenaan dengan pelayanan publik yang menjadi tugas dan fungsi Dinas PMTK seperti pemberian izin usaha, Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), investasi masuk, dan lainnya.

Hal ini agar mampu meningkatkan daya tarik kepada masyarakat untuk membuka usaha dan berinvestasi di Kota Singkawang.

“Saya ingin menekankan harus selalu ada percepatan dan kemudahan kepada masyarakat terkait dengan hal-hal seperti pemberian izin usaha, melayani investasi masu dan lain lain. Aspek regulasi perizinan harus mudah dan cepat, jika masih banyak tertahan atau berbelit-belit harus jadi perhatian khusus.” tegasnya.

Terkait kinerja pelayanan publik, Dinas PMTK masih bersandarkan pada kerjasama dengan Mall Pelayanan Publik (MPP). Hal ini dikarenakan keterbatasan gedung yang berfokus pada pelayanan, sehingga Sumastro akan mengupayakan penyediaan gedung baru guna peningkatan kinerja akan pelayanan publik.

Selain itu, Sumasto juga meminta agar Dinas PMTK dapat mengembangkan tugas dan fungsinya dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan sektor UMKM, mendorong usaha besar untuk dapat bermitra dengan UMKM. Karena selain mampu memacu pertumbuhan ekonomi dan usaha yang berdaya saing, juga diharapkan dapat berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja.

“UMKM itu juga perlu diperhatikan lebih, mendorong misalnya kemampuan mereka untuk pemasaran dan lain-lain yang diharapkan mampu menjadi kunci untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat serta menekan inflasi.” jelasnya.

Sumastro juga menambahkan apabila terdapat permasalahan yang belum juga mampu terselesaikan dengan baik, Ia meminta Kepala Dinas beserta jajaran untuk tidak sungkan melakukan studi banding kepada Dinas PMTK di daerah lain yang lebih baik guna memperbaiki kinerja yang dirasa kurang.

“Jika memang perlu, jangan pasif Pak kadis. Harus inisiatif mungkin bisa berkonsilidasi dengan Dinas Penanaman Modal daerah lain yang lebih maju. Mempelajari apa-apa yang masih kurang dikita.” tuturnya.

“Dan satu lagi, terkait penyerapan anggaran. Kita masih dibawah target nasional, sehingga menjadi atensi bersama semua OPD. Jika memang dirasa tidak bisa direalisasikan, bisa dipikirkan diperubahan.” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PMTK Kota Singkawang Yasmalizar mengucapkan terimakasih atas kedatangan Pj Wali Kota pada kegiatan rapat kerja tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita kedatangan Pj Wali Kota, dalam rangka memantau program dan kegiatan serta kinerja kita di sini. Terimakasih atas waktunya pak” ucapnya.

Yasmalizar mengatakan Rapat kerja ini dapat menjadi upaya untuk merefleksikan diri tentang apa yang menjadi kekurangan dari kinerja pada Dinas PMTK.

“Kita kemarin saat audit bersama Ombudsman, kita sebagai sampel memperoleh nilai tertinggi. Semoga dari rapat kerja ini dapat semakin kita tingkatkan lagi.” tambahnya.

Ia berharap melalui Rapat Kerja ini, arahan dan masukan dari Pj Wali Kota dapat menjadi bahan evaluasi bersama sehingga program, kegiatan serta kinerja pelayanan publik di Dinas PMTK dapat lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik