Singkawang, MC – Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro membuka kegiatan Festival Inovasi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Kota Singkawang yang mengangkat tema “Mempromosikan Inovasi OMS untuk Memperkuat Keberlanjutan OMS di Kota Singkawang” di Basement Kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (22/7/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh USAID Madani, Pemerintah Kota Singkawang, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Singkawang dan Forum Bersama Masyarakat Indonesia (ForBerani).

“Atas nama Pemkot Singkawang, saya menyambut baik atas terselenggaranya Festival Inovasi OMS Kota Singkawang. Kita paham betul bahwa tumbuhnya OMS itu sejalan dengan era reformasi yang mengelinding di Indonesia,” ujarnya.

Sepanjang sejarah, menurut Sumastro, stigma terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) selalu dikaitkan sebagai pihak yang kontra dengan pemerintah. Namun, Sumastro memandang perbedaan sudut pandang dan pendapat ini malahan menjadi sarana mencari sebuah kesepakatan yang merujuk pada suatu tujuan.

“Saya melihat bukti dari teman-teman yang tergabung dalam OMS mampu menunjukan suatu deteminasi. Buktinya, hal-hal yang mereka lakukan ini dapat sejajar dengan kepentingan positif yang ingin dicapai oleh pemerintah juga. Mudah-mudahan, kedepannya OMS Kota Singkawang semakin mampu bersinergi dengan berbagai stakeholder di Kota Singkawang,” tambahnya.

Senior Field Coordinator USAID Madani Kalimantan Barat Mulyadi memberikan ucapan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Singkawang demi terlaksananya Festival Inovasi OMS Kota Singkawang. Kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Kota Singkawang.

“Ini merupakan tonggak sejarah seperti yang disampaikan oleh Pj. Wali Kota Singkawang Sumastro. Melalui event ini kita bisa buktikan bahwa OMS bisa bergandeng tangan dengan pemerintah. Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal dan menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Kota Singkawang kedepannya. Maka dari itu, saya berterimakasih atas dukungan yang diberikan,” ujarnya.

Festival OMS ini menghadirkan beberapa agenda utama dan dimeriahkan dengan serangkaian acara yang menarik. Diantaranya, Talkshow, Pagelaran Seni dan Pameran. Selain itu, digelar pula pemeriksaan kesehatan seperti cek gula darah, asam urat dan kolesterol.

Bid. IKP