Singkawang, MC – Panitia Waisak Kota Singkawang tahun 2022 menggelar acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2566 BE di Balairung kantor Wali Kota Singkawang, Sabtu (21/5/2022).

Kegiatan dihadiri Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Forkopimda, perwakilan Kantor Kemenag Singkawang, Kepala OPD dan umat Budha di Kota Singkawang.

Wali Kota Tjhai Chui Mie dalam sambutannya mengatakan peringatan Tri Suci Waisak diperingati untuk memperkokoh komitmen menghormati makna hakiki kehidupan, menjalankan praktek-praktek kebenaran untuk meraih keharmonisan.

“Dan mengajarkan dharma sebagai pedoman untuk menunaikan tugas dan kewajiban,” katanya.

Ia menyebutkan moderasi beragama menjadi salah satu diantara praktek kebenaran untuk meraih keharmonisan. Moderasi beragama juga sebagai jalan binam memadukan cinta kasih dan kasih sayang serta pemahaman agama lebih terbuka terhadap perkembangan kehidupan.

“Sehingga dapat menjauhkan sikap ekstrem bahkan pemikiran primordialisme dan intoleransi terhadap perbedaan. Dengan moderasi beragama maka kedamaian bingkai toleransi di Kota Singkawang dapat kita pertahankan,” ujarnya.

Dengan menjalankan dharma, katanya umat Buddha mendapatkan kesempatan menata keseimbangan batin, memuliakan keagungan tuhan yang maha welas asih, memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan sebagai umat beragama.

Pada kesempatan itu, Tjhai Chui Mie menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada umat buddha yang selama ini telah membantu Pemerintah Kota Simgkawang dalam menjaga kondusifitas di masa pandemi Covid-19 ini dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan telah menerima vaksinasi.

“Atas nama Pemerintah Kota Singkawang saya mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak tahun 2022. Semoga cahaya kebahagiaan senantiasa menerangi jalan kita semua. Dan semoga semua mahluk berbahagia. Sadhu, Sadhu, Sadhu. Terima kasih,” ucapnya mengakhiri sambutan.

Bid. Informasi dan Komunikasi Publik