Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang berencana akan memperbaiki Jalan Semai di tahun 2022 ini.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Singkawang, Arfani mengungkapkan pihaknya tengah berencana untuk memperbaiki Jalan Semai.

“Jalan Semai ade perbaikan tahun ini, lagi proses mau lelang (tender),” ungkapnya, Kamis (16/6/2022).

Ia mengatakan pagu anggaran untuk perbaikan perbaikan jalan Semai yang nantinya dinamai peningkatan Jalan Semai ini senilai kurang lebih Rp400 juta.

Nantinya, kata Arfani pada perbaikan jalan Semai ini rencananya akan difokuskan pada kondisi rusak yang paling parah.

“Nantinya saat pelaksanaan baru bisa dipastikan lokasi mana yang akan diperbiki lebih dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Singkawang Dapil Singkawang Utara dan Singkawang Timur, Muhammadin berharap masyarakat jalan Semai dapat sedikit bersabar.

“Saya sudah sampaikan langsung kepada Wali Kota dan Dinas PUPR. Wali Kota sudah meminta tahun lalu untuk dianggarkan tahun 2022, dan saat ini dalam persiapan tender, masyarakat harus memahami dan bersabar proses pengangaran pasti satu tahun,” ujarnya.

Sebagai anggota DPRD dapil Singkawang Timur dan Utara dirinya bisa rasakan keluhan masyarakat untuk jalan semai tersebut. Namun, hal yang perlu di ketahui masyarakat dalam proses pembangunan adalah adanya tahapan.

Pembangunan jalan semai sudah beberapa kali dilakukan, namun akibat banjir dan struktur tanah lembut, kondisi jalan kembali rusak.

“Tahun 2021 lalu Pemerintah sudah melakukan kegiatan pemasangan turap sungai menggunakan dana PEN yang cukup besar agar jalan nanti struktur bisa bertahan lama, tanah tidak turun ke sungai,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik