Singkawang, MC – Pada tahun ini Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Singkawang yang berangkat berjumlah 50 orang, terdiri dari 21 jemaah laki-laki dan 29 jemaah perempuan.

“Jumlah jemaah haji per kecamatan yaitu Kecamatan Singkawang Selatan 5 jemaah, Singkawang Barat 7 jemaah, Singkawang Tengah 27 jemaah, Singkawang utara 11 jemaah, sedangkan pada kecamatan Singkawang Timur untuk tahun ini kosong.” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Singkawang, H. Muhlis, Rabu (15/6/2022).

Ia menyebutkan calon haji berdasarkan usia yaitu usia termuda adalah Bagus Anshari 31 tahun dan untuk usia tertua atas nama Sarwo Yusuf yang berumur 64 tahun.

Dijelaskannya keberangkatan calon haji dari Singkawang ke Pontianak dilaksanakan pada Rabu (15/6/2022). Kemudian di Pontianak akan diinapkan di Hotel Kapuas Palace dikarenakan Asrama Haji masih dalam tahap perbaikan. Selanjutnya dari Pontianak ke Embarkasi Batam akan diberangkatkn pada hari kamis 16 Juni 2022 pada pukul 15.00 WIB dari Bandara Supadio.

“Jadwal keberangkatan dari Embarkasi Batam ke Madinah diagendakan tanggal 17 Juni 2022, sedangkan untuk pemulangan jama’ah haji Kota Singkawang kembali ke Embarkasi Batam tanggal 28 Juli 2022 dan dijadwalkan tiba di Kota Pontianak pada tanggal 29 Juli 2022 yang diprediksi kedatangannya pukul 16.30 WIB. Seluruh jemaah sepakat untuk langsung berangkat kembali ke Singkawang pada hari yang sama.” ujarnya.

Menurutnya calon haji tahun ini, telah melaksanakan manasik haji terbanyak untuk pertama kalinya, yaitu sebanyak 3 kali sejak tahun 2020-2022, baik itu yang diadakan oleh Pemerintah Kota Singkawang maupun Kementerian Agama Kota Singkawang.

“Saya mewakili calon haji Kota Singkawang tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemerinta Kota Singkawang, yang sudah memberikan subsidi sebesar Rp2 juta untuk biaya daerah dari Pontianak menuju Embarkasi Batam per jemaah. Semoga bantuan ini dapat terus konsisten diberikan oleh Pemkot Singkawang untuk jemaah haji di tahun-tahun mendatang.” tutupnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik