Singkawang, MC –  Pemerintah Kota Singkawang menerima penghargaan Indeks Implementasi BerAKHLAK kategori Top 5 Harmonis dari Accelerated Transformation Consulting International (ACT) di Ballroom Hotel Swiss Belinn Kota Singkawang, Jumat (5/5/2023).

“Selamat kepada Pemerintah Kota Singkawang untuk survei pertama tahun ini. Kita akan lakukan lagi survei berikutnya di akhir tahun 2023. Jadi, pastikan Kota Singkawang tetap berbenah supaya nilai-nilai BerAKHLAK yang kita survei ini bisa meningkat dan lebih baik daripada sebelumnya,” ujar Abri, perwakilan dari ACT Consulting International.

“Setelah dilakukan screening, kita patut berbangga Pemerintah Kota Singkawang berhasil mendapatkan penghargaan Top 5 untuk nilai Harmonis. Selanjutnya, momen ini juga menjadi semangat bagi pemerintah-pemerintah kabupaten/kota lainnya. Dengan diterapkannya core values BerAKHLAK, maka tingkat pelayanan kita kepada masyarakat akan semakin meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Perlu diketahui, piala BerAKHLAk ini dimulai pada tahun 2022 dimana ACT Consulting International diminta oleh Presiden RI Joko Widodo untuk merumuskan dan mensosialisasikan nilai BerAKHLAK untuk seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah di seluruh Indonesia.

Mewakili Pj. Wali Kota Singkawang, Pj. Sekretaris Daerah Kota Singkawang Sutiarno memberikan ucapan terimakasih atas penillaian dan penghargaan yang diberikan ACT Consulting International kepada Pemerintah Kota Singkawang.

“Saya yakin apa kita bahas pada hari ini menjadi sebuah komitmen bagi kita selaku birokrat. Semangat ini memang harus kita jaga betul dan harus kita kembangkan Dengan pola seperti ini, dapat membangun dan menempatkan predikat ASN sebagai abdi negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat,” ujarnya.

Sutiarno melanjutkan bahwa ASN harus menempatkan diri sebagai basis untuk lembaga yang berkemauan kuat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Ia meyakini ASN dengan pola pikir dan kinerja baik, maka akan menciptakan ASN yang menjadi cerminan semua pihak.

“Keberhasilan sebuah Kabupaten/Kota tidak akan terlepas dari peran kita bersama. Oleh karena itu, kebersamaan, kerjasama dan kolaborasi menjadi penting untuk kita bangun,” ujarnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik