Home Berita Dorong Ekonomi Kreatif Lewat Kulineran dan Musik

Dorong Ekonomi Kreatif Lewat Kulineran dan Musik

125

Event yang berlangsung dari tanggal 5-10 Mei 2023 dibuka oleh Pj. Wali Kota Singkawang pada Jumat (5/5/2023).

Pj. Wali Kota Sumastro mengungkapkan even ini sebagai ajang untuk memperkenalkan potensi ekonomi kreatif di Kota Singkawang khususnya subsektor kuliner dan musik.

“Event ini adalah ajang bagi kita untuk memperkenalkan potensi ekonomi kreatif Kota Singkawang, khususnya subsektor kuliner dan musik,” kata Pj. Wali Kota.

“Karena berdasarkan statistik, subsektor ini merupakan subsektor unggulan ekonomi kreatif di Kota Singkawang,” tambahnya.

Menurut Sumastro, event tersebut sangat luar biasa, karena diinisiasi oleh swasta atau komunitas, tanpa ada sedikitpun menggunakan APBD. Dan sekaligus menjadi bukti kontribusi pihak swasta dalam membangun ekonomi dan pariwisata di Kota Singkawang.

“Event ini sangat luar biasa, karena diinisiasi oleh pihak swasta atau komunitas, tanpa menggunakan APBD sedikitpun. Ini adalah bukti kontribusi pihak swasta dalam membangun ekonomi dan pariwisata di Kota Singkawang,” ujarnya.

Ia mengatakan,kedepan berbagai kebijakan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus dikawal bersama dan bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada.

“Kedepan, berbagai kebijakan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, harus dikawal bersama-sama dan bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada,” ujarnya.

Sumastro juga mengingatkan, akan pentingnya mengoptimalkan gerakan “Bangga Buatan Indonesia”. Ia mendorong pihak Pemerintah untuk mengutamakan produk lokal Kota Singkawang dalam pengadaan barang dan jasa.

“Saya juga mendorong Pemerintah Kota Singkawang, untuk mengutamakan produk lokal Kota Singkawang dalam hal pengadaan barang dan jasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, David mengatakan mini event tersebut sebagai simulasi awal menuju medium event yang telah mereka persiapkan yaitu Singkawang Fashion & Food Festival pada 28 Juni – 2 Juli 2023.

“Mini event ini menjadi sebuah simulasi awal untuk menuju medium event yang telah kami siapkan, yaitu Singkawang Fashion & Food Festival pada 28 Juni – 2 Juli 2023,” katanya.

Ia juga meminta kepada pemangku kepentingan di Kota Singkawang, untuk memberi Ruang Kreatif yang bisa dijadikan lokasi event serta kemudahan legal perijinan, karena apa yang mereka lakukan semata-mata untuk mengembangkan Pariwisata dan UMKM di Kota Singkawang.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik