Singkawang, MC – Dalam rangka memperingati hari lansia 2023, Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Sosial melakukan Home Visit ke Rumah Lansia atas nama Bainah dan Ali di Kelurahan melayu dan Tengah, Singkawang, (27/6/2023).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Pj. Wali Kota itu ditujukan untuk memberikan bantuan sosial kepada lansia berupa minyak Goreng, gula Pasir, handuk, kacang hijau, beras, pasta gigi, sabun mandi, shampo, sikat gigi, susu, dan Indomie.

Kepada lansia, Pj. Wali Kota berpesan agar selalu menjaga kesehatan, kebersihan, jaga pola makan, dan kurangi minum kopi.

“Nenek, harus jaga kesehatan, kebersihan, pola makan, sama kurangi minum kopi ya,” pesannya.

Ia juga menanyakan kondisi keseharian dari lansia, yang dalam usia senja, kini tinggal sendirian di rumahnya, namun tetap mendapatkan pantauan dari keluarga atau warga sekitar.

Kepada keluarga dan warga sekitar, Sumastro meminta mereka untuk lebih intensif dalam memperhatikan dan memeriksakan kesehatan lansia tersebut ke Puskesmas mengingat kondisi mereka yang rentan terserang penyakit akibat faktor usia.

“Kalau bisa keluarga dan warga di sekitar sini, lebih intens lagi memantau kondisi nenek ini,  dan rajin-rajinlah memeriksakan kesehatannya ke Puskesmas, maklum beliau ini sudah tua, dan rentan terserang penyakit,” pintanya.

Ia juga memerintahkan petugas kesehatan dari Puskesmas Singkawang Barat 1 untuk lebih aktif dalam memperhatikan kondisi kesehatan lansia di wilayah kerjanya.

“Saya juga perintahkan kepada petugas kesehatan dari Puskesmas Singkawang Barat 1, untuk lebih aktif melakukan pengecekan kesehatan lansia,” katanya.

Bid. IKP