Singkawang, MC – Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Sosial dan PPPA menyerahkan bantuan permakanan pada kegiatan Rehabilitasi Sosial Dasar Tahun 2022 di di Basement Kantor Walikota, Selasa (19/04/2022). Kegiatan ini menyasar kalangan masyarakat Kota Singkawang antara lain penyandang disabilitas, anak terlantar, lansia serta gelandangan pengemis di luar binaan panti sosial.

Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie yang menyerahkan beberapa paket sembako secara simbolis kepada beberapa perwakilan kaum dhuafa.  Ia mengapresiasi upaya dan dukungan dari Dinas Sosial dan PPPA dalam memberikan perhatian kepada kaum dhuafa Kota Singkawang.

Ia mengungkapkan rasa bahagia lantaran berkesempatan dapat memberikan bantuan secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan. Ia berharap pemberian paket sembako ini bermanfaat dan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pangan.

“Pertama-tama, tentunya selaku kepala daerah, saya merasa sangat bahagia karena pada tahun ini pemerintah bisa menyerahkan sejumlah paket sembako yang diperuntukan bagi kaum dhuafa. Semoga bantuan ini dapat mendatangkan banyak manfaat bagi mereka yang benar-benar membutuhkan,” ujarnya.

Ia menambahkan dalam waktu dekat ini Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Sosial dan PPPA yang bekerjasama dengan Panitia Gotong Royong akan mendata kembali sejumlah kaum dhuafa lainnya untuk menyerahan bantuan susulan lainnya, seperti paket lebaran Idul Fitri bagi umat muslim yang membutuhkan, bantuan pendidikan bagi anak-anak terlantar yang putus sekolah. Ia ingin bantuan yang diberikan pemerintah ini dapat berjalan lancar dan tersalurkan secara merata, berdaya guna dan tepat sasaran.

“Pada prosesi penyerahan bantuan sembako tadi, Dinas Sosial dan PPPA Kota Singkawang mencatat terdapat sebanyak 20 orang anak terlantar. Beberapa diantaranya dikabarkan putus sekolah karena keterbatasan biaya,” ujarnya.

“Untuk itu, saya tadi sempat meminta kepada Kepala Dinas Dinas Sosial dan PPPA untuk segera mendata dan memberikan bantuan untuk mengatasi persoalan anak-anak yang putus sekolah ini. Saya berharap tidak ada lagi anak yang tidak sekolah karena keterbatasan biaya dan lain-lain,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial dan PPPA Kota Singkawang Sutiyarto mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan 2 (dua) tahap dalam kurun waktu 6 (enam) bulan.

“Sesuai dengan arahan Ibu walikota, terdapat 6 paket bantuan yang kami bagi menjadi dua tahap pembagian. Tahap pertama, sejumlah bantuan paket sembako berisi bahan pangan untuk tiga bulan sekaligus pada bulan April – Juni 2022. Selanjutnya pada bulan Juli – September 2022 mendatang akan kembali diadakan kegiatan serupa yang diperuntukan kepada sejumlah kaum dhuafa lainnya,” ujarnya.

Tercatat sebanyak 75 orang kaum dhuafa yang mendapatkan bantuan paket sembako pada tahap pertama ini. Diantaranya, 20 orang penyandang disabilitas terlantar, 20 orang anak terlantar, 25 orang lansia terlantar dan 10 orang gelandangan pengemis di luar binaan panti sosial. Adapun bantuan paket sembako yang diberikan selama 3 (tiga) bulan berturut-turut pada tiap tahapnya, berupa 10 kg Beras, 2 kg Gula pasir, 2 kg Telur, 5 kaleng Susu, 10 bungkus Mie Instan.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik