Singkawang, MC – Pj Wali Kota Singkawang melepas ratusan peserta Pawai Pembukaan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) Tahun 2023 di halaman Sekolah Dasar Suster Singkawang, Minggu (3/9/2023).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Gereja Katolik Paroki St. Fransiskus Assisi Singkawang dengan menggaungkan tema yang sangat agung yaitu Allah Sumber Kasih dan Keselamatan.

Adapun rute yang dilalui ratusan peserta pawai karnaval dengan menampilkan hasil kreatifitasnya berupa replika-replika sesuai dengan tema umum BKSN 2023 antara lain bermula dari SD Suster Singkawang lalu menyusuri Jl. Diponegoro, Jl. Budi Utomo, Jl. Bawal, Jl. Setia Budi dan Jl. Sejahtera. Kemudian kembali ke Jalan Diponegoro dan berakhir di Gereka Katolik St. Fransiskus Singkawang.

Membuka kegiatan tersebut, Pj Wali Kota Singkawang Sumastro mengatakan sangat berbahagia menyambut kegiatan pawai karnaval BKSN ini yang sangat mencerminkan persaudaraan, cinta kasih dan harmoni antar masyarakat yang majemuk di Kota Singkawang.

Rasa bahagia Pj Wali Kota Singkawang juga semakin terasa tatkala melihat semangat yang dihadirkan para peserta pawai walaupun di tengah terik matahari.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kota Singkawang khususnya umat Katolik diyakini dapat semakin mendukung dan berkontribusi menjaga kerukunan, sehingga Kota Singkawang senantiasa eksis dengan predikat Kota Tertoleran tidak hanya sekarang tapi juga di masa-masa mendatang.

“Dengan keluhuran budi pekerti dan pemikiran, yang betul-betul disampaikan pastor paroki tadi. Bagi kita Predikat itu tentu harus kita rawat dengan baik, tapi esensi utamanya adalah kita betul-betul menanamkan dan menerapkan nilai-nilai toleransi itu dalam kehidupan kita dalam rumah besar Kota Singkawang ini.” ucapnya.

Ia juga berharap, melalui semangat Bulan Kitab Suci Nasional 2023 dengan tema yang mulia ini akan betul-betul memberikan warna yang lebih mendorong toleransi di Kota Singkawang.

”Selamat atas penyelenggaraan pawai Bulan Kitab Suci Nasional Tahun 2023 di Kota Singkawang dalam bentuk pawai yang sangat meriah dari berbagai kalangan dan beranekaragam yang sangat indah dan colorful ini. Semoga Tuhan memberkahi kita semua.” tutupnya.

Bid. IKP