Singkawang, MC – Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri 1444 H/Tahun 2023, Polres Kota Singkawang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat tahun 2023 di Halaman Mapolres Singkawang, Senin (17/4/2023). Apel yang mengangkat tema ‘Mudik Aman Berkesan’ ini diikuti oleh unsur Kepolisian, TNI, dan Instansi terkait.

Pj Wali Kota Singkawang bersama Forkopimda langsung mengecek kesiapan Personel, Kendaraan Dinas dan Sarana Prasarana yang akan digunakan selama Operasi Ketupat 2023.

Selaku pembina apel, Pj Wali Kota Sumastro membacakan amanat Kapolri mengatakan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023 ini dilaksanakan 14 hari mulai tanggal 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

“Apel gelar pasukan operasi ketupat 2023 ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia, sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat dalam rangka pengamanan mudik dan hari raya idulfitri 1444 H,” ujarnya.

Ia menyampaikan operasi dilakukan dengan fokus pengamanan pada beberapa titik vital antara lain masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan dan lain sebagainya.

“Perlu adanya fokus dan kehati-hatian karena pada tahun ini diperkirakan akan ada lompatan besar pergerakan masyarakat yang mudik dari 86 juta ke 123 juta masyarakat melalui data survei,” katanya.

Dirinya menambahkan perkuat sinergitas dan soliditas antar petugas pengamanan maupun stakeholder terkait sebagai kunci keberhasilan operasi ketupat tahun 2023 ini.

“Kepada seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ketupat 2023 di antaranya jaga stamina dan kesehatan, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, mantapkan kerja sama, sinergi, soliditas dan solidaritas pada pihak-pihak yang terlibat pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan operasi ketupat 2023,” jelasnya.

Ia berharap kepada seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ketupat 2023 dan menjalankan tugas dengan profesional dan mengedepankan langkah-langkah yang humanis dalam mengawal perjalanan mudik masyarakat dari keberangkatan hingga kepulangan.

“Laksanakan tugas dengan sungguh sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan, sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua. Sehingga kita mampu mengawal perjalanan mudik dari keberangkatan hingga kepulangan, agar masyarakat mendapatkan kegembiraan bertemu sanak saudara dan bisa kembali dengan selamat,” harapnya.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik