Singkawang, MC – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Singkawang menggelar pawai pembukaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diikuti ribuan siswa SD dan SMP di Mess Daerah Singkawang, Senin (13/5/2024).

Kepala Disdikbud Singkawang, Asmadi menyebutkan kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam rangka mengembangkan bakat kreativitas siswa baik di bidang akademik maupun non akademik.

“Prestasi di bidang seni sastra untuk di Kota Singkawang memang cukup unggul. Yang perlu kita benahi bersama dengan semua steakholder adalah olahraga,” katanya.

Karena kalau hanya mengandalkan pembinaan di sekolah, tentunya kurang maksimal. Ia pun sudah mengagendakan bagaimana kedepan Singkawang bisa melahirkan atlet-atlet siswa yang berprestasi.

“Tentunya kita akan bekerjasama dengan KONI serta masing-masing ketua Pengcab olahraga,” ujarnya.

Dia berpesan, para peserta bisa menunjukkan kemampuan dan prestasi dalam event ini. “Kalah atau menang itu biasa, yang penting siswa sudah berani tampil dalam menunjukan kemampuannya,” ungkapnya

Sementara itu, Pj Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Aulia Candra saat melepas pawai mengatakan jika event ini merupakan wadah bagi siswa untuk berkreativitas.

Ia menyebut prestasi siswa tidak hanya dinilai dari akademik saja tapi juga bisa di bidang seni dan olahraga, serta bidang lainnya sesuai dengan kurikulum belajar merdeka.

Sehingga melalui kurikulum tersebut, siswa diberikan kebebasan untuk berprestasi guna melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya sehingga bisa melalui jalur zonasi dan prestasi.

“Melalui event ini, saya berharap kepada siswa dapat menyalurkan kemampuannya sehingga bisa berprestasi. Dengan begitu, ketika ingin melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, mereka sudah memiliki ijazah atau sertifikat yang berkaitan dengan prestasinya,” ujarnya.

Adapun rute pawai O2SN, FLS2N dan OSN dimulai dari Mess Daerah Jalan Merdeka (start) kemudian ke Jalan Budi Utomo, Jalan Saman Diman, Jalan Setia Budi, Jalan Niaga, Jalan Sejahtera, Jalan Kepol Mahmud, Jalan P Diponegoro, Jalan Yos Soedarso, Jalan Mesjid dan finish di Jalan Merdeka.

Bidang Informasi dan Komunikasi Publik